Rekam Jejak Farid Okbah, Ketum Partai Dakwah yang Ditangkap Densus 88

CNN Indonesia
Selasa, 16 Nov 2021 17:32 WIB
Ustaz Farid Okbah selama ini tercatat sebagai Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI). Dia dikenal sebagai salah satu tokoh ulama anti-Syiah. Farid Okbah, Ketum partai Dakwah, ditangkap Densus 88. (Foto: Tangkapan Layar Instagram/@faridokbah_official)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ustaz Farid Ahmad Okbah yang ditangkap Detasemen Khusus 88/Antiteror Polri bersama dua orang lainnya di wilayah Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (16/11), memiliki rekam jejak panjang dakwah dan organisasi Islam.

Ia selama ini tercatat sebagai Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI). Dia dikenal sebagai salah satu tokoh ulama anti-Syiah.

Farid acap kali memberikan seminar dan postingan di media sosial untuk menyebarkan keyakinannya tersebut ke masyarakat luas. Selain itu, dia juga merupakan salah satu tokoh Islam yang mendirikan Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI).


Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, Farid pernah didaulat sebagai ketua Dewan Pengurus Yayasan Alislam yang didirikan setelah melakukan kegiatan dakwah di dunia maya pada Desember 1998.

Pada 2005, Yayasan Alislam tercatat membangun sebuah Islamic Center di daerah Jati Melati, Pondok Melati, Bekasi.

Farid diketahui juga pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) DKI Jakarta. Terakhir November 2020, namanya juga sempat tercatat sebagai salah satu anggota Majelis Syuro Partai Masyumi.

Usai ditangkap, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, berdasarkan hasil pendalaman Densus 88, Farid merupakan bagian dari tim sepuh atau Dewan Syuro di organisasi teroris tersebut.

Ramadhan menuturkan Farid juga merupakan anggota dewan syariah Lembaga Amil Zakat Badan Mal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) atau Yayasan amal yang didirikan untuk pendanaan JI memakai kotak amal.

Menurut Ahmad, Farid juga pernah terlibat dalam pertemuan yang berkaitan dengan pengkaderan Jamaah Islamiyah (JI) di Bekasi.

(tfq/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER