Dispora DKI Alokasikan Rp2,7 Miliar untuk Forum Youth 20 Summit

CNN Indonesia
Jumat, 19 Nov 2021 23:56 WIB
Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta mengalokasikan anggaran Rp2,7 miliar untuk penyelenggaraan Forum Internasional Youth 20 Summit 2022. Gedung DPRD DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta mengalokasikan anggaran sekitar Rp2,7 miliar untuk penyelenggaraan Forum Internasional Youth 20 Summit 2022.

Alokasi anggaran ini tercatat dalam data hasil input komponen Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2022.

Alokasi anggaran itu juga dibenarkan oleh Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhony Simanjuntak.


"(Yang mengajukan) itu ada sebuah yayasan pemuda apa, tapi yang saya lihat di situ ada juga pimpinan Partai. Pimpinan partai dari PSI. Ada PSI-nya, di situ Michael Sianipar," kata Jhony saat dihubungi.

Ia menyatakan awalnya anggaran yang diajukan lebih dari Rp3 miliar. Namun mendapat penolakan karena dinilai terlalu besar.

"Ya mahal amat, pemborosan amat sampai sekian itu, cuma kan alasannya katanya mereka ya sudah audiensi dengan gubernur," ujarnya.

Dari data yang dihimpun, organisasi Indonesia Youth Diplomacy (IYD) ditunjuk oleh Kemenpora sebagai penyelenggara Youth 20 (Y20). Adapun Ketua IYD, adalah Michael Sianipar yang juga Ketua DPW PSI DKI Jakarta.

Saat dihubungi, Michael mengatakan Y20 adalah bagian dari acara G20, di mana Indonesia sebagai tuan rumah.

"Pak Jokowi jadi Ketua G20-nya sebagai tuan rumah. Secara otomatis, rangkaian acara G20, seperti Business 20, Think 20, Women 20, Labor 20, Youth 20, dan lainnya juga dilaksanakan di Indonesia dan tersebar di seluruh provinsi di Nusantara," kata Michael.

Ia mengatakan acara Youth 20 akan dilaksanakan bukan hanya di Jakarta, tapi juga di Bandung, Manokwari, Palembang, dan Lombok Tengah. Selain itu juga tengah dijajaki di Kupang karena ada permintaan dari Pemprov NTT agar ada acara di sana.

"Kebetulan saja saya dipercaya jadi ketua acara tersebut, kami ditunjuk oleh Pemerintah Pusat dan dimandatkan mengorganisir acara besar di mana wajah dan reputasi bangsa Indonesia sebagai negara besar dipertaruhkan," katanya.

Ia pun mengatakan tidak ada kaitan antara dirinya sebagai Ketua DPW PSI dengan adanya anggaran yang dialokasikan oleh Pemprov DKI untuk acara itu.

"Saya hanya ketua DPW PSI Jakarta. Sementara, Y20 ini acara internasional, mandat dari pemerintah pusat. Kebetulan saja saya yang dipercaya sebagai Ketua Y20," katanya.

"Saya rasa, baik saya dan Pak Gubernur DKI sama-sama melihat ini acara negara. Jadi semua pihak harus bisa obyektif memaksimalkan acara negara yang sekali 20 tahun ini," ujarnya.

(yoa/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER