Pawang Hujan Protes Dicap Gagal Kendalikan Cuaca di Sirkuit Mandalika

CNN Indonesia
Rabu, 24 Nov 2021 15:50 WIB
Seorang pawang hujan merasa difitnah usai dicap gagal mengendalikan hujan, padahal dia tidak dilibatkan saat perhelatan WSBK di Sirkuit Mandalika. Seorang pawang hujan merasa difitnah usai dicap gagal mengendalikan hujan, padahal dia tidak dilibatkan saat perhelatan WSBK di Sirkuit Mandalika Foto: REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA
Jakarta, CNN Indonesia --

Pawang hujan Sirkuit Mandalika Damai Santoso atau dikenal Amaq Daud (49), melaporkan sejumlah media dan akun media sosial ke Polres Lombok Tengah, Senin, (22/11).

Pelaporan tersebut dilakukan Damai lantaran merasa difitnah akibat tudingan gagal mengendalikan hujan saat perhelatan World Superbike (WSBK). Pasalnya, ia merasa tidak pernah dilibatkan sebagai pawang hujan saat perhelatan WSBK pada Sabtu (20/11) kemarin.

"Karena saya merasa pencemaran nama baik, karena foto saya yang ditampilkan. Sementara saya tidak dipakai (sebagai pawang hujan) saat balapan," jelasnya dikutip dari CNN Indonesia TV, Rabu (24/11).


Damai menjelaskan, foto yang ditampilkan oleh sejumlah pihak di media sosial merupakan foto dirinya ketika diminta menjadi pawang hujan pada Jumat (12/11) lalu, bertepatan dengan peristiwa peresmian Sirkuit Mandalika oleh Presiden Joko Widodo.

Dia pun mengaku berhasil menjalankan tugasnya untuk menghentikan hujan pada saat peresmian itu. Oleh Sebab itu, Damai berharap kepolisian dapat segera memproses laporan tersebut.

Damai juga meminta pengunggah foto dan keterangan itu meminta maaf kepadanya dan keluarga. Dia merasa telah diolok-olok atas ucapan yang tidak sesuai fakta.

Diketahui sebelumnya, hujan deras sempat menyelimuti Sirkuit Mandalika saat perhelatan WSBK 2021. Hujan deras tersebut membuat Race 1 WSBK Mandalika, pada Sabtu (20/11), menjadi ditunda.

Hujan deras mulai turun di Sirkuit Mandalika sekitar pukul 14:40 WITA, atau 20 menit sebelum balapan dimulai.

Sejumlah pembalap sudah sempat berada di trek, namun empat menit kemudian pihak WSBK menyatakan balapan WSBK Mandalika ditunda hingga waktu yang belum ditentukan karena kondisi cuaca.

(gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER