Polri Sebut Bentrok Brimob-Kopassus Permasalahan Kecil

CNN Indonesia
Senin, 29 Nov 2021 16:09 WIB
Polri menyebut friksi di Tembagapura, Papua, antara anggota Kopassus dan Brimob merupakan Ilustrasi kekerasan. (Foto: Istockphoto/stevanovicigor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polri memandang bentrok antara personel TNI dan polisi di Tembagapura, Mimika, Papua, pada Sabtu (27/11), merupakan hal kecil yang sudah terselesaikan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan bahwa soliditas dan sinergitas antar dua lembaga tersebut tetap terjaga meski ada insiden tersebut.

"Kalau ada masalah-masalah harus diselesaikan dengan sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya, termasuk juga yang di Tembagapura, itu hanya permasalahan kecil saja," kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/11).


Ia menuturkan bahwa masalah tersebut sudah terkendali dan dikembalikan ke satuannya masing-masing.

Rusdi menilai bahwa pimpinan antar dua lembaga itu telah memiliki beragam cara untuk meningkatkan soliditas dan sinergitas personel di lapangan. Apabila terdapat masalah, kata dia, tersebut akan menjadi evaluasi dan ditangani dengan cepat oleh masing-masing instansi.

"Ini telah dilaksanakan di wilayah-wilayah, bagaimana kebersamaan dengan cara komunikasi dengan melakukan aktivitas-aktivitas secara bersama, ini menjadi bagian bagaimana menjaga dan meningkatkan soldaritas dan sinergisitas TNI Polri," tambahnya.

Sebagai informasi, bentrokan terjadi di Ridge Camp Pos RCTU Mile 72 tepat di depan Mess Hall, Timika. Saat itu, enam anggota dari Satgas Amole tengah berada di lokasi berjualan rokok.

Peristiwa pembelian rokok itu kemudian berujung pada aksi pemukulan oleh personel Nanggala tersebut kepada anggota Brimob. TNI diduga melayangkan komplain atas harga rokok yang dijual.

Dalam kronologi versi polisi, prajurit TNI mengeroyok enam personel Satgas Amole Kompi 3 dengan menggunakan benda tumpul dan tajam. Namun demikian, Kamal belum merinci lebih lanjut mengenai jenis senjata yang digunakan oleh para anggota TNI.

Menurutnya, masalah tersebut kini sudah terselesaikan dengan damai. Hanya saja, proses penindakan disiplin terhadap masing-masing anggota yang terlibat perkelahian akan tetap dilakukan.

"Pasca-kejadian tersebut situasi di Kabupaten Mimika khususnya di Ridge Camp Pos RCTU Mile 72 tepat di depan Mess Hall, Timika, Papua aman dan kondusif," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal.

(mjo/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER