Polisi Dalami Dugaan Anggota PP Diperintah Keroyok AKBP Karoseli

CNN Indonesia
Rabu, 01 Dec 2021 12:47 WIB
Polda Metro Jaya tengah menelusuri anggota Pemuda Pancasila mengeroyok AKBP Karoseli karena ada perintah atau spontan terprovokasi. Polisi tengah menelusuri dugaan adanya perintah khusus dibalik pengeroyokan Pemuda Pancasila terhadap personel kepolisian (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepolisian tengah mendalami apakah ada perintah khusus dalam kasus pengeroyokan terhadap anggota Polri yang dilakukan oleh massa Pemuda Pancasila (PP).

Diketahui, pengeroyokan itu dilakukan oleh massa PP dalam aksi demo di depan Gedung DPR yang berujung ricuh beberapa waktu lalu. Korbannya adalah Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali.

"Ini masih kita dalami apakah ada perintah khusus atau tidak, atau kah merupakan kegiatan spontan yang terprovokasi pada saat hari H dan jam J nya," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan, Rabu (1/12).


Untuk motif dari aksi pengeroyokan ini, disampaikan Tubagus, juga masih didalami oleh penyidik.

"Motifnya, untuk motivasi masih kita dalami lebih jauh lagi," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam kasus pengeroyokan ini, enam anggota PP telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kata Tubagus, mereka ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan pada alat bukti. Pertama adalah keterangan saksi, kedua berupa keterangan ahli, dan terakhir dokumen serta bukti petunjuk.

Dalam kasus ini, polisi turut menyita sejumlah barang bukti. Salah satunya, adalah baju atau seragam ormas PP.

"Ini adalah barang bukti yang pada saat hari-H jamnya kejadian itu digunakan oleh para tersangka yang ter-cover ke dalam CCTV yang itu merupakan alat bukti bahwa benar dialah yg melakukan kegiatan pengeroyokan terhadap orang yang mengakibatkan luka," tutur Tubagus.

Diketahui, dalam aksi demo berujung ricuh di depan Gedung DPR ini, polisi menetapkan 21 anggota PP sebagai tersangka.

15 di antaranya dikenakan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 lantaran kedapatan membawa senjata tajam dalam aksi demo tersebut.

Sedangkan enam tersangka lainnya dalam kasus pengeroyokan dijerat Pasal 170 KUHP dan atau Pasal 212 KUHP dan atau pasal 216 KUHP dan atau pasal 218 KUHP.

(dis/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER