Peringatan Dini BMKG: Banjir Rob dan Gelombang Tinggi di Sulsel

CNN Indonesia
Sabtu, 04 Dec 2021 23:40 WIB
Potensi banjir rob dan gelombang tinggi di Sulawesi Selatan dikatakan secara umum dapat mengganggu keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Foto udara kondisi rumah warga yang tergenang banjir rob di Degayu, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (16/11/2021)Sebanyak 570 rumah warga di Kelurahan Degayu terdampak banjir rob dengan ketinggian antara 30-50 cm. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)
Makassar, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir (banjir rob) di tiga kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan yang terhitung mulai 5 Desember hingga 7 Desember.

Prakirawan BMKG Makassar, Herbuana Yoga Wardhani, menyebutkan, ada tiga kabupaten di Sulsel yang berpotensi mengalami banjir rob.

"Tiga kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Barru, Kota Parepare, dan pesisir Kabupaten Pinrang," kata Herbuana, Sabtu (4/12).


Penyebab banji rob, dijelaskan Herbuana, akibat aktivitas pasang air laut maksimum dan kondisi gelombang tinggi yang dapat mempengaruhi kondisi dinamika wilayah pesisir di Sulawesi Selatan.

"Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat sekitar pelabuhan dan pesisir," jelasnya.

Selain itu, BMKG Makassar juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi pada 5-8 Desember.

Menurut prakirawan BMKG Makassar, Fachrudin Lubis, gelombang tinggi ini terjadi di perairan Sulawesi, seperti di Selat Makassar bagian selatan, Kepulauan Selayar, Perairan Kepulauan Sabalana, dan Laut Flores.

"Tinggi gelombang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter [sedang] yang berpotensi terjadi di Teluk Bone dan Laut Flores. Sedangkan, di Perairan Parepare, Perairan Spermonde Makassar, Perairan Spermonde Pangkep dan Kepulauan Sabalana dengan ketinggian gelombang antara 2,5 meter hingga 4 meter [tinggi]," ungkap Fachrudin.

Fachrudin juga mengungkap gelombang yang sangat tinggi berpotensi terjadi Selat Makassar bagian selatan.

"Kalau di Selat Makassar bagian selatan ketinggian gelombang antara 4 meter hingga 6 meter," ucap dia.

(mir/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER