Cek Dugaan Gedung Cyber 1 Sengaja Dibakar, Polisi Tunggu Labfor

CNN Indonesia
Rabu, 08 Dec 2021 23:00 WIB
Polisi mendalami dugaan kesengajaan dalam kebakaran di Gedung Cyber 1 lewat pemeriksaan 12 saksi sambil menanti hasil Labfor. Petugas melakukan pemadaman api di Gedung Cyber 1, Mampang, Jakarta, Kamis (2/12). . (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dugaan kesengajaan dalam kebakaran di Gedung Cyber 1, Jakarta Selatan, didalami lewat pemeriksaan 12 saksi dan pengecekan di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri.

Diketahui, kebakaran yang terjadi pada Kamis (2/12) itu menyebabkan dua orang meninggal dunia.

"[Total saksi] 12 ya, itu [dari pihak] gedung dan tenant di situ," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah kepada wartawan, Rabu (8/12).


Sampai saat ini pihaknya juga masih belum menyimpulkan penyebab kebakaran. Pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari tim Puslabfor Polri.

"Setelah hasil labfor keluar kita akan tahu di titik mana. Di titik itulah nanti akan muncul siapa yang bertanggung jawab, apakah bentuknya disengaja, atau kelalaian atau kecelakaan," tutur Azis.

Sejauh ini, dugaan sementara penyebab kebakaran adalah hubungan arus pendek listrik (korsleting).

"Diduga karena arus pendek. Tidak ada api merambat, hanya asap saja di lantai dua," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan Herbert Plider Lomba Gaol mengutip Antara, Kamis (2/12).

Sementara itu, Kebakaran melanda sebuah rumah di Jalan Cucakrawa Tebet, Jakarta Selatan pada Rabu (8/12) siang. Peristiwa ini menyebabkan satu orang meninggal dunia.

Kebakaran ini pertama kali dilaporkan oleh Camat Tebet ke petugas pemadam kebakaran pada pukul 13.00 WIB.

"Objek rumah tinggal, jenis bangunan rendah," kata Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Mulat Wijayanto dalam keterangannya, Rabu (8/12).

Sebanyak 11 unit mobil pemadam kebakaran dan 53 personel untuk memadamkan si jago merah. Api berhasil sekitar pukul 13.25 WIB dan seluruh proses pemadaman selesai pukul 14.15 WIB.

Untuk penyebab kebakaran, kata Mulat, masih belum diketahui dan dalam proses penyelidikan.

Mulat mengungkapkan akibat kebakaran ini satu orang meninggal dunia. Korban yakni Tota Sihombing (55), yang merupakan kakak ipar dari pemilik rumah.

"Infonya korban ditemukan meninggal saat selesai pemadaman," ucap Mulat.

Informasi soal kebakaran ini turut diunggah akun Twitter @humasjakfire. Dalam foto yang diunggah terlihat, petugas damkar sedang berupaya memadamkan api di lokasi.

"Kebakaran terjadi pada rumah tinggal pukul 13.00 WIB tepatnya di Jl. Cucakrawa RT 2/3 Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet Jakarta Selatan dengan pengerahan akhir 11 unit di TKP. Dinyatakan selesai penanganan pukul. 14.15," demikian keterangan dalam unggahan itu.

(dis/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER