Bela Habis Jokowi, PSI Siap Bikin Gaduh Senayan 2024

CNN Indonesia
Rabu, 22 Des 2021 17:01 WIB
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meyakini bisa lolos masuk DPR 2024 mendatang dan akan membuat gaduh Senayan demi mengawal kebijakan Presiden Jokowi. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meyakini bisa lolos masuk DPR 2024 mendatang dan akan membuat gaduh Senayan demi mengawal kebijakan Presiden Jokowi. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meyakini dapat melewati ambang batas parlemen (parliamentary threshold) pada Pemilu 2024 mendatang dan akan membuat gaduh di parlemen Senayan demi mengawal kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie meyakini, dengan usia partai yang sudah menginjak tujuh tahun, kondisi internal PSI sudah semakin kuat dan mendapatkan banyak dorongan dari publik. Sehingga ia menilai, melewati ambang batas parlemen pada Pemilu mendatang bukan lagi sebuah keniscayaan.

"PSI hari ini akan semakin kuat dan harus semakin kuat, karena kita mendapatkan banyak energi yang baru dari anak-anak muda, yang bergabung dengan PSI setelah melihat kinerja partai ini setelah 7 tahun terakhir," ujarnya dalam sambutan perayaan HUT Ke-7 PSI, Rabu (22/12).

Grace mengatakan, pihaknya akan bekerja keras untuk lolos ke parlemen semata-mata untuk melanjutkan program-program dan kebijakan Presiden Joko Widodo yang telah berjalan saat ini. Pasalnya ia menilai, semangat dan dedikasi yang telah presiden tunjukan saat ini tidak diteruskan oleh rekan kerja pemerintah yang ada di DPR RI.

Dalam hal anggaran misalnya, kata dia, DPR seakan sudah tidak punya taji lagi untuk mengkritisi lagi perumusan anggaran negara. Karenanya, ia berjanji apabila PSI lolos ke DPR, maka seluruh anggota Fraksi PSI bakal menjaga proses perencanaan anggaran.

"Meski kami ini baru sebentar menduduki kursi DPRD, tapi kami belajar, bahwa suasana yang tenang dan harmonis dalam membahas anggaran itu justru bukan pertanda baik. Bisa jadi sudah ada bagi-bagi jatah di situ, makanya semua pihak diam saja dan kehilangan daya kritisnya," tuturnya.

Contoh lainnya menurut Grace adalah ketika masyarakat gencar menuntut pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Alih-alih menjawab tuntutan masyarakat, ia menilai DPR seakan-akan menutup telinga terhadap hal tersebut.

Oleh sebab itu, dirinya menyayangkan sikap para perwakilan rakyat yang dinilai tidak membawa kepentingan rakyat di pemerintahan.

"PSI harus lolos ke Senayan. Kita buat gaduh Senayan, agar uang rakyat tidak terus digerogoti perampok memakai kedok 'wakil rakyat'. PSI akan terus mengawal kebijakan Pak Jokowi, menjaga uang rakyat dan merawat Indonesia. Mari bro dan sis, kita bekerja lebih keras lagi," pungkasnya.

(thr/gil)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER