Persyaratan dan Jadwal Pengumuman SNMPTN 2022

CNN Indonesia
Jumat, 24 Dec 2021 12:20 WIB
LTMPT menetapkan syarat dan tahapan pendaftaran pelaksanaan SNMPTN 2022. Pengumuman kuota akan diumumkan pada 28 Desember 2021. Warga melihat pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 di depan kampus Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (28/6). (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan syarat-syarat dan tahapan pendaftaran pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Pengumuman kuota SNMPTN tahun ini akan diumumkan pada 28 Desember 2021.

Ada tiga syarat mengikuti SNMPTN 2022. Persyaratan tersebut ditujukan untuk sekolah dan peserta yang mengikuti SNMPTN 2022.

"Intinya sekali lagi kalau bicara SNMPTN 2022, ada prasyarat sekolah, persyaratan peserta, dan pilihan program studi," kata Ketua Pelaksana LTMPT, Budi P. Widyobroto dalam diskusi virtual, Jumat (24/12).


Budi juga meminta agar siswa yang terdaftar sebagai peserta SNMPTN 2022 agar tidak mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk seleksi SBMPTN 2022. Pasalnya, seleksi ini ditujukan untuk siswa yang tidak masuk daftar SNMPTN dan peserta didik yang lulus di tahun 2020 dan 2021.

"Mohon maaf adik-adik, yang sudah diterima di jalur SNMPTN tidak diizinkan mendaftar UTBK SBMPTN," kata Arif.

Berikut persyaratan SNMPTN 2022.

Persyaratan Sekolah

- SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

- Sekolah dengan akreditasi A memiliki bobot siswa 40 persen terbaik, akreditasi B dengan bobot 25 persen terbaik, dan akreditasi C memiliki bobot 5 persen terbaik.

- Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), data yang diinput adalah siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN.

Prasyarat Siswa

- Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul.

- Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing PTN.

- Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.

- Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS.

- Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio sesuai ketentuan yang tersedia.

Syarat Pilihan Program Studi

- Setiap siswa dapat memilih dua prodi dari satu PTN atau dua PTN.

- Jika memilih dua prodi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal. Jika memilih satu prodi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

- Disarankan tidak lintas minat.

Sebagai informasi, LTMPT memberikan hak kepada pihak sekolah untuk menetapkan siswa yang eligible atau layak mengikuti SNMPTN 2022. Penetapan siswa eligible dilakukan pada 4 Januari-8 Februari 2022.

Setelah sekolah menetapkan siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN, maka pihak sekolah akan mengisi form siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di tanggal 8 Januari-8 Februari 2022. Siswa yang tercantum dalam PDSS tidak bisa mendaftar UTBK SBMPTN 2022.

Pendaftaran SNMPTN oleh siswa sendiri baru akan dimulai pada 14-28 Februari. Sementara untuk pengumuman SNMPTN akan dilangsungkan pada 29 Maret 2022.

"Jadi pada 29 Maret itu, siswa sudah tahu akan kuliah di mana, prodi apa," kata Budi.

(mln/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER