Empat Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang Segera Disidang

CNN Indonesia
Jumat, 31 Des 2021 18:59 WIB
Sidang empat tersangka kebakaran lapas Tangerang yang menewaskan 49 napi tersebut akan digelar di PN Tangerang. Peristiwa kebakaran Lapas Tangerang beberapa waktu lalu. (Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berkas empat orang tersangka kasus dugaan kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang segera dilimpahkan untuk disidangkan di Pengadilan Negeri Tangerang pekan depan. Berkas para tersangka dinyatakan lengkap.

Para tersangka: S, RU, YWN dan PBB akan segera menjalani sidang mulai awal tahun besok.

Kasie Pidum Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Dapot Dariarma mengatakan kasus tersebut ditangani oleh Kejati Banten. Namun penyerahan berkas perkara tahap II ke Kejari Kota Tangerang.

"Pekan depan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tangerang dan saat ini kejaksaan menyiapkan penuntutan di pengadilan," ujar Dapot kepada wartawan, Jumat (31/12).

Diketahui peristiwa kebakaran tersebut menewaskan 49 korban narapidana. Peristiwa itu menjadi sorotan masyarakat pada tahun 2021.

"Persidangan akan digelar di Pengadilan Negeri Tangerang," katanya.

Polda Metro Jaya awalnya menetapkan tiga orang sebagai tersangka berinisial RU, S, dan Y yang merupakan petugas Lapas Tangerang. Ketiganya dijerat Pasal 359 KUHP terkait kelalaian yang menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Setelah pengembangan, polisi kemudian menetapkan kembali tiga orang tersangka berinisial JMN, PBB dan RS. Ketiganya di antaranya narapidana, pegawai lapas, dan bagian umum Lapas Kelas 1 Tangerang. Tiga tersangka itu dijerat Pasal 188 KUHP juncto Pasal 55 dan 56 KUHP tentang kealpaan baik yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

(ekm/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER