Kemendagri Mulai Siapkan Pj Gubernur, Nama Pengganti Anies Belum Ada

CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 21:11 WIB
Untuk mengisi kekosongan kepala daerah, Kemendagri diberi kewenangan untuk menunjuk penjabat gubernur, termasuk Anies yang habis Oktober 2022. Kemendagri sudah mulai siapkan Pj Gubernur yang akan habis masa jabatan. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memulai mempersiapkan peralihan kepemimpinan di daerah ke penjabat daerah (Pj.). Akan tetapi, pemerintah pusat belum menentukan nama penjabat secara rinci, termasuk pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan mengatakan persiapan baru dilakukan secara umum. Persiapan baru sebatas identifikasi daerah dan akhir masa jabatan kepala daerah.

"Hingga saat ini, Kemendagri belum membahas secara khusus terkait calon penjabat kepala daerah," kata Benni lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (10/1).


Benni menyampaikan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Mereka akan berkoordinasi agar peralihan jabatan berjalan sesuai perundang-undangan.

Dia belum bisa memastikan kapan nama-nama penjabat kepala daerah, termasuk pengganti Anies, ditentukan. Akan tetapi, ia memastikan penjabat dipilih sebelum masa jabatan para kepala daerah habis.

"Harapan pengangkatan Pj. bisa tepat pada waktunya. Ya, agar tidak terjadi kekosongan pimpinan daerah," tuturnya.

Berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, tidak ada Pilkada pada 2022 dan 2023. Seluruh pilkada digelar serentak pada November 2024.

Untuk mengisi kekosongan kepala daerah, pemerintah pusat diberi kewenangan untuk menunjuk penjabat. Penjabat gubernur adalah pejabat pimpinan tinggi madya atau setara eselon I. Adapun penjabat bupati/wali kota adalah pejabat pimpinan tinggi Pratama atau setara eselon II.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memasuki akhir masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Salah satu ASN yang digadang-gadang menjadi pengganti Anies adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Namun, keputusan resmi belum dikeluarkan pemerintah.

(dhf/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER