Polri Klaim Ubah Warna Seragam Satpam karena Keinginan Masyarakat

CNN Indonesia
Kamis, 13 Jan 2022 22:19 WIB
Polri mengatakan banyak masyarakat yang bingung dengan perbedaan seragam Satpam dengan personel kepolisian lantaran terlalu mirip. Polri mengatakan banyak masyarakat yang bingung dengan perbedaan seragam Satpam dengan personel kepolisian lantaran terlalu mirip (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polri mengklaim rencana perubahan warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) dari cokelat muda menjadi krem merupakan aspirasi masyarakat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan banyak masyarakat yang bingung dengan perbedaan seragam Satpam dengan personel kepolisian lantaran terlalu mirip.

"Untuk mengakomodir keinginan-keinginan masyarakat dan agar masyarakat tidak bingung," kata Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/1).


Perubahan warna seragam satpam yang baru dilakukan dalam setahun terakhir ini telah dievaluasi. Dari proses pengkajian tidak ditemukan penyalahgunaan seragam satpam yang mirip dengan polisi dalam pemakaiannya.

Namun, diperlukan pembeda lebih lanjut dari warna tersebut agar tak membingungkan masyarakat.

"Satpam ini merupakan profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri sebagai pembinanya," jelasnya.

Ia memastikan perubahan seragam hanya akan dilakukan pada baju yang dikenakan oleh masing-masing penggunanya. Sementara, kata dia, atribut lain yang terpasang dalam seragam Satpam akan sama.

"Nah, ini yang akan dikaji adalah baju. Bajunya saja, baju itu rencananya akan diganti warnanya lebih muda dari baju anggota Polri ya," tambah dia.

Perubahan baju seragam satpam baru berlaku efektif dalam satu tahun terakhir. Kebijakan itu terbit di masa Kapolri era Jenderal Idham Azis melalui Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengaman swakarsa.

Selain perubahan warna seragam, merujuk pada Perkap 4/2020, terdapat sejumlah penyesuaian lainnya bagi anggota Satpam. Misalnya, terdapat kepangkatan berjenjang yang terbagi menjadi tiga golongan hingga batas umur bagi anggota Satpam untuk pensiun.

Kala itu, polisi secara gamblang menyatakan kalau ingin membuat seragam Satpam terlihat mirip dengan polisi. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri saat itu Brigadir Jenderal Awi Setiyono menjelaskan, untuk menjalin kedekatan emosional antara institusi Polri dengan personel Satpam.

Perubahan tersebut juga dilakukan Polri untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap anggota Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

"Memuliakan profesi Satpam, dan menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," ujarnya kepada wartawan, Kamis (17/9).

(mjo/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER