Kementerian Ganti Logo di Era Jokowi: Dari Kemenparekraf sampai Kemhan

CNN Indonesia
Sabtu, 22 Jan 2022 08:37 WIB
Selain Kemenhan, kementerian yang mengganti logo di era Kepresidenan Jokowi di antaranya adalah KKP dan Kemenparekraf. Selain Kemenhan, kementerian yang mengganti logo di era Kepresidenan Jokowi di antaranya adalah KKP dan Kemenparekraf. (dok kemenhan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah kementerian mengganti logo lembaganya di masa pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sejak 2014 silam.

Institusi terbaru yang baru mengganti logonya adalah Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang kini dipimpin Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Pergantian logo kementerian itu diumumkan secara resmi oleh Prabowo selaku Menteri Pertahanan pada Kamis (20/1).


"Logo lama digunakan dan ditetapkan sejak tahun 2005 oleh Menteri Pertahanan saat itu dijabat oleh Prof Dr Juwono Sudarsono, dan secara resmi diumumkan perubahan logo oleh Menteri Pertahanan Letjen (Purn) Prabowo Subianto pada Rapim tanggal 20/01/22 kemarin," kata Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar kepada wartawan, Jumat (21/1).

Sebelumnya logo Kemenhan adalah lingkaran dengan warna dominasi Merah Putih dikeliling ring Biru Tua dan Kuning. Di dalam logo lama itu ada peta NKRI, Garuda Pancasila, bintang, dan jangkar bersayap.

Kini, Dahnil menerangkan logo baru Kemenhan berbentuk bulat lingkar emas dengan warna dasar merah tua. Warna itu, kata Dahnil, melambangkan melindungi seluruh tumpah darah Indonesia

Di dalamnya terdapat gambar Garuda Pancasila dilingkari rantai emas yang melambangkan pertahanan negara yang kuat dan tangguh dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa.

"Serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia yang dilandasi oleh persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempertahankan kejayaan NKRI," ujarnya.

Dahnil menyampaikan perubahan logo tersebut semata-mata untuk penyegaran.

"Penyegaran saja. Melambangkan semangat pertahanan yang lebih kuat dan lebih tangguh," kata Dahnil.

Logo Kementerian Pertahanan. (CNN Indonesia/Prima Gumilang)Logo lama Kementerian Pertahanan RI. (CNN Indonesia/Prima Gumilang)

Selain Kemenhan, CNNIndonesia.com merangkum sejumlah Kementerian yang juga mengganti logo:

1. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

Menparekraf saat itu, Wishnutama Kusubandio mengatakan perubahan logo kementeriannya mempertimbangkan berbagai hal di antaranya penggabungan dua instansi yakni Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif.

"Sambil menunggu logo 'nation branding' dirilis pada Agustus 2020, untuk kepentingan resmi kami gunakan logo Garuda Pancasila itu, lalu untuk kepentingan branding atau promosi kami akan menggunakan logo 'nation branding' yang baru yang masih dalam proses kajian," kata Wishnutama dilansir dari Antara, Januari 2020.

Kini Kemenparekraf dipimpin politikus Gerindra, Sandiaga Uno.

2. Kementerian Perdagangan

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meluncurkan logo baru Kementerian Perdagangan yang menuntut kinerja lebih cepat, tepat dan profesional, di mana peluncuran logo terbaru Kemendag dilakukan saat pembukaan Trade Expo Indonesia-Digital Edition, Oktober tahun lalu.

"Kemendag dengan bangga meluncurkan logo baru dengan membawa nilai-nilai dan semangat yang baru. Logo baru Kemendag merupakan simbol visi, misi, tujuan, dan cita-cita bersama untuk membangun kedaulatan ekonomi nasional dan kejayaan bangsa dan negara Indonesia," ujar Mendag dikutip dari Antara.

Logo baru Kemendag, kata dia, bertujuan membangkitkan spirit baru Kementerian Perdagangan sebagai tulang punggung negara agar menjadi lebih bertumbuh positif, produktif, berdaya saing, adaptif, inovatif, dan memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam menghadapi tantangan global yang dinamis dan mampu berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan.

Baca halaman selanjutnya...

Kementerian BUMN-Kemenkop UKM

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER