Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Anies Yakin Simpul Indonesia Tetap Jakarta

mir | CNN Indonesia
Sabtu, 22 Jan 2022 19:37 WIB
DKI Jakarta menurut Anies akan tetap jadi pusat perekonomian dan pusat kebudayaan bagi bangsa Indonesia saat kelak ibu kota pindah ke Kalimantan Timur. DKI Jakarta dinilai akan tetap jadi pusat perekonomian saat ibu kota negara pindah ke Kaltim. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Makassar, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut Jakarta masih tetap menjadi pusat perekonomian dan pusat kebudayaan di Indonesia, meski Ibu Kota Negara (IKN) dipindahkan ke Kalimantan Timur sebagai pusat pemerintahan yang baru.

"IKN kan sudah menjadi undang-undang yang jelas Jakarta masih terus menjadi pusat perekonomian di Indonesia," kata Anies Baswedan saat berada di Makassar, Sabtu (22/1).

Kendati ibu kota di Kalimantan Timur, kata Anies, Jakarta akan menjadi pusat kegiatan dari berbagai hal, termasuk menjadi simpul dari bangsa Indonesia.


"Jakarta tetap akan menjadi pusat kegiatan kebudayaan dan akan menjadi simpul dari bangsa Indonesia, itu tetap," jelasnya.

Anies menyatakan, Jakarta tetap akan terus dibangun meski status sebagai IKN tidak lagi disematkan.

"Pemerintahan pindah ke sana, tetapi Jakarta tetap. Kita akan bangun terus Jakarta. Masalah ada di Jakarta akan terus diikhtiarkan agar bisa diselesaikan,"ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan wilayah di Provinsi Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara baru setelah Jakarta, bahkan telah disahkan DPR melalui Undang-undang IKN.

(isn/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER