Polisi Tetapkan 22 Tersangka Korupsi Rp11 Miliar di Sulsel

CNN Indonesia
Jumat, 28 Jan 2022 10:12 WIB
Polda Sulawesi Selatan menyatakan dugaan korupsi yang dimaksud terkait dengan pemberian kredit hingga merugikan negara Rp11 miliar. Ilustrasi penangkapan tersangka korupsi (Istockphoto/D-Keine)
Makassar, CNN Indonesia --

Polda Sulawesi Selatan menetapkan 22 orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi kredit fiktif di bank milik BUMN Cabang Kabupaten Pinrang.

Praktik korupsi itu diduga dilakukan sejak 2017 hingga 2019 yang menyebabkan kerugian keuangan negara mencapai Rp11,458 miliar.

"Ditetapkan tersangka ada 22 orang," kata Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Fadli.

"Jadi ini permufakatan jahat melakukan tindakan pidana korupsi berupa perbuatan melawan hukum penyalahgunaan wewenang atas fasilitas kredit kepada 338 debitur dari tahun 2017 hingga 2019," sambung dia.

Dari 22 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, beber Fadli enam orang tersangka merupakan pegawai bank. Mereka adalah pimpinan unit yang punya wewenang dalam skema pemberian kredit di bank BUMN cabang Mallongi-longi dan Temassarange, Kabupaten Pinrang.

"Selebihnya adalah calo yang mencari debitur nasabah dan mengumpulkan dokumen walau tak sesuai prosedur," kata Fadli.

Penyidik menjerat 22 orang tersangka dengan pasal 2 dan pasal 3 Undang-undang Tipikor juncto pasal 65 dan pasal 55 KUHPidana.

"Selebihnya itu yang mengumpulkan KTP, KK artinya calo. Yang calo dapat komisi mulai puluhan sampai ratusan juta. Semua warga Pinrang," kata Fadli.

(mir/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER