Kejar 247 Buron, Kejagung Mau Maksimalkan Ekstradisi Singapura

CNN Indonesia
Jumat, 28 Jan 2022 15:19 WIB
Kejaksaan Agung menyatakan bahwa 247 buronan yang tengah diburu tak cuma mereka yang tersangkut kasus korupsi, tetapi juga perkara pajak. Ilustrasi buronan (Istockphoto/cihatatceken)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kejaksaan Agung ingin mengoptimalkan kerja sama ekstradisi antara pemerintah Indonesia dan Singapura dalam mengejar buronan. Ada 247 orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Kejaksaan Agung.

Apabila mereka terdeteksi kabur ke Singapura, Kejaksaan Agung yakin penangkapan bakal lebih mudah dilakukan.

"Dengan adanya ini (ekstradisi) mempermudah kalau dia masuk Singapura kan akan lebih mudah kita untuk bisa bekerja sama dengan negara Singapura," ucap Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Febrie Adriansyah kepada wartawan, Jumat (28/1).


Febri mengatakan bahwa 247 buronan Kejaksaan Agung tak cuma dari kasus tindak pidana korupsi.

"DPO di kita 247, di Pidsus. Jadi DPO itu ada juga (perkara) pajak, pabean, jadi bukan hanya tipikor saja," kata Febrie.

Sebelumnya,  Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong resmi meneken perjanjian ekstradisi di Bintan, Kepulauan Riau pada Selasa (25/1). Namun, perjanjian itu tidak bisa berlaku sebelum Indonesia meratifikasinya.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga optimis DPR segera meratifikasi perjanjian ekstradisi tersebut. Ratifikasi harus dilakukan baik oleh parlemen Indonesia maupun Singapura agar perjanjian hukum bilateral antar kedua negara bisa mengikat.

"Kami akan mengajukan ke Presiden membuat Surpres (Surat Presiden) ke DPR agar segera ditindaklanjuti. Tugas berikutnya adalah untuk segera meratifikasi," kata Yasonna menjawab pertanyaan wawancara CNN Indonesia TV, Rabu petang.

"Saya melihat sejak perjanjian diteken, ada respons positif masyarakat sangat terlihat. Medsos media, saya kira teman-teman di DPR juga sudah mengantisipasi dan sudah akan semangat dengan ini. Saya percaya itu," imbuhnya.

(mjo/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER