Jurnalis Terpapar Covid, Forum Pemred Minta Perbanyak Acara Virtual

CNN Indonesia
Jumat, 28 Jan 2022 18:39 WIB
Forum Pemred meminta pemerintah, BUMN, serta swasta untuk memperbanyak acara dalam bentuk virtual demi mengantisipasi penularan Covid-19. Forum Pemred Minta Perbanyak Acara Virtual. (Dok. OJK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Pemred) meminta pemerintah, BUMN, serta swasta untuk memperbanyak acara dalam bentuk virtual demi mengantisipasi penularan Covid-19 pada jurnalis.

Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad mengaku banyak jurnalis di media massa, kini terpapar Covid-19. Dia meminta pemerintah serta semua pihak agar menyikapi ancaman lonjakan kasus Covid-19 secara serius.

"Menurut data yang didapat Forum Pemred, sejauh ini beberapa jurnalis dan pekerja media dari berbagai media massa, sudah tertular Covid-19. Bahkan jumlahnya terus bertambah setiap hari," kata Arifin dalam keterangan tertulis, Jumat (28/1).


"Oleh karena itu, demi terlaksananya tugas-tugas jurnalistik dengan baik, Forum Pemred merekomendasikan Lembaga pemerintah, BUMN, swasta, organisasi-organisasi, dan semua pihak harus mengedepankan penyelenggaraan acara atau konferensi pers secara virtual/daring/online," sambung dia.

Arifin kemudian meminta setiap pihak untuk menyikapi dan mengantisipasi ancaman infeksi Covid-19 secara serius. Pasalnya penambahan kasus positif Covid-19 sudah mencapai 8.000 kasus sehari.

Bahkan hari ini, Jumat (28/1) kasus Covid-19 bertambah sebanyak 9.905 orang.

"Lonjakan kasus harian Covid-19 yang terus meningkat tidak bisa diremehkan. Semua pihak, terutama pihak-pihak yang terkait dengan media massa harus bersama-sama mengantisipasinya secara serius," ujar Arifin.

Ia menambahkan, keamanan dan kesehatan jurnalis perlu menjadi prioritas. Dia juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan ketat saat menyelenggarakan acara atau konferensi pers yang dihadiri jurnalis.

Di samping itu, para pemimpin redaksi di media massa juga diminta memastikan manajemen kantor dengan melakukan tracing dan tes Covid-19.

"Untuk meminimalisir makin banyaknya jurnalis yang tertular Covid-19, para pemimpin redaksi memastikan manajemen kantor masing-masing melakukan tracing dengan pemeriksaan uji Covid-19 yang memadai," ucapnya.

Kasus Covid-19 bertambah sebanyak 9.905 per hari ini. Total kasus positif 4.319.175 kasus. Kasus sembuh juga bertambah 2.028 kasus sehingga akumulasi 4.131.333 kasus. Sementara kasus meninggal bertambah 7 orang sehingga total 144.268 kasus.

(mln/isn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER