Anies Luncurkan 30 Bus Listrik TransJakarta, Layani 4 Rute

CNN Indonesia
Selasa, 08 Mar 2022 19:49 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan menargetkan pada akhir tahun 2022 akan ada 100 bus listrik TransJakarta yang beroperasi. Ilustrasi TransJakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan 30 unit bus listrik untuk armada TransJakarta. Foto: CNN Indonesia/Adi Maulana
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan 30 unit bus listrik untuk armada TransJakarta. Anies menargetkan pada akhir tahun akan ada 100 bus listrik TransJakarta yang beroperasi.

"Setelah melakukan uji coba yang cukup panjang hari ini secara resmi 30 bus listrik digunakan untuk rute-rute TransJakarta dan akhir tahun ini insyaallah akan ada 100 bus listrik yang akan beroperasi ini bagian dari fase piloting yang kita kerjakan," kata Anies di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (8/3).

Anies mengatakan Jakarta merupakan kota yang memiliki tantangan terkait mobilitas. Ia menyebut ada dua masalah yang dihadapi Jakarta, yakni polusi udara dan kemacetan. Dua masalah itu diakibatkan volume kendaraan bermotor yang sangat tinggi.

"Karena itu solusi yang coba ditawarkan kepada masyarakat adalah dengan memfasilitasi kendaraan umum, membangun sistem kendaraan umum yang luas dan kendaraan umumnya berbasis listrik. Jadi persoalan pengurangan emisi karbon bisa kita lakukan, disaat yang sama terjadi pengurangan jumlah kendaraan pribadi bisa dikerjakan," katanya.

Anies berharap dengan adanya bus listrik itu, masyarakat semakin sadar tentang transportasi yang ramah lingkungan dan bersama-sama mengurangi emisi karbon.

"Kita dalam fase awal ini mengoperasikan 30 nantinya 100 dan harapannya di 2030 semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa beroperasi menggunakan tenaga listrik itu harapan kita," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan puluhan bus itu akan melayani 4 rute.

Rute itu Terminal Senen-Bundaran Senayan, Tanah Abang-Terminal Senen, Blok M-Tanah Abang, serta Ragunan-Blok M. Jam operasi dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

"Akan melengkapi 10.047 bus yang akan dioperasionalkan oleh TransJakarta pada tahun 2030," kaya Syafrin.

(yoa/fra)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER