Kelompok Cipayung Plus Aksi Tolak Penundaan Pemilu dan Kenaikan Harga

CNN Indonesia
Jumat, 08 Apr 2022 18:00 WIB
Massa mahasiswa kelompok Cipayung Plus menggelar aksi di tengah hujan menolak kenaikan sejumlah harga mulai dari BBM, hingga PPN, dan tolak penundaan pemilu. Massa mahasiswa kelompok Cipayung Plus menggelar aksi di tengah hujan menolak kenaikan sejumlah harga mulai dari BBM, hingga PPN, dan tolak penundaan pemilu. Ilustrasi. ( cnnindonesia/thohirin).
Jakarta, CNN Indonesia --

Massa mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus menggelar aksi di tengah hujan menolak penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden hingga kenaikan sejumlah harga bahan pokok mulai dari BBM, hingga PPN.

Aksi digelar di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (8/4) siang hingga petang.

CNNIndonesia.com di lokasi, aksi terus berlangsung meski hujan mengguyur wilayah itu beberapa saat sebelumnya.

Aksi digelar dengan dipimpin dua mobil komando. Tergabung dalam kelompok Cipayung Plus, mereka berasal dari sejumlah kampus di Jabodetabek.

Dalam aksinya, mereka menyuarakan sejumlah isu mulai dari kebaikan harga bahan pokok hingga menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden hingga tiga periode.

"Hari ini dan kemarin pemerintah kita sedang melakukan lelucon di mana dia tidak becus untuk menjalankan kewajibannya untuk tiga periode. Apakah itu harus kita dukung?" Ujar salah satu orator dari atas mobil komando..

"Tidak," ujar peserta aksi serentak.

"Kembali lagi kita lihat orang tua kita menggoreng aja sulit karena kita lihat minyak susah. Pernyataan Mendagri bahwasanya dia tidak sanggup mengatur kelangkaan migor," lanjut orator.

Kelompok Cipayung Plus terdiri dari 12 organisasi mahasiswa. Masing-masing yakni, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI), Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII).

Kemudian, Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI), Pengurus Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI), dan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (DPP IMM).

Berdasarkan pantauan, aksi itu selesai ketika matahari mulai terbenam jelang waktu magrib.

Terkait wacana perpanjangan masa jabatan presiden hingga penundaan pemilu, dalam rapat terbatas pada tengah pekan ini Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menegaskan kepada para menteri-menterinya untuk setop membicarakan hal tersebut.

Dia juga meminta para menterinya memberikan komunikasi dengan jelas kepada rakyat perihal kenaikan harga yang terjadi saat ini.

"Diceritain dong ke rakyat ada empati kita gitu loh. Itu yang namanya memiliki sense of crisis yang tinggi," ujar Jokowi saat memimpin ratas tersebut, Selasa (5/4).

Selain itu, ia memerintahkan 'pembantunya' untuk memperhatikan seluruh harga pangan. Bukan hanya minyak goreng, tapi juga beras, kedelai, dan gandum.

Jokowi meminta para bawahannya untuk fokus bekerja. Dia mengingatkan rakyat sedang dalam kesulitan karena kenaikan harga bahan pokok dan bahan bakar minyak.

"Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan mengenai penundaan, perpanjangan," ujar Jokowi pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/4).

(thr/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER