Kans Koalisi Golkar, PPP dan PAN Sambut Genderang Pilpres 2024

CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 07:08 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa menjajaki kans berkoalisi di Pilpres 2024. Ketua Umum Golkar, PPP dan PAN mengadakan pertemuan dalam rangka penjajakan koalisi di Pilpres 2024 (Ramadhan Rizki Saputra/CNNIndonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga ketua umum partai politik baru saja mengadakan pertemuan dan membahas kemungkinan berkoalisi pada Pilpres 2024.

Mereka adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Pertemuan dihelat di Menteng, Jakarta pada Kamis kemarin (12/5).

"InsyaAllah [akan koalisi], tadi namanya "Bertiga Bersatu". Bersatu itu beringin, matahari dan ka'bah," kata Airlangga pada wartawan.


Ketiganya pun sempat saling menggenggam tangan satu sama lain sambil berpose untuk berfoto di depan para pewarta.

"Koalisi untuk perkuat persatuan," kata Zulhas sambil tertawa.

Tak mau kalah, Suharso turut menimpali celetukan Zulhas tersebut.

"Untuk melanjutkan pembangunan," timpal Suharso sambil tersenyum.

Airlangga juga ikut menimpali celetukan keduanya. Menurutnya, pohon beringin harus disinari matahari agar bisa hijau.

Ucapannya merujuk pada logo masing-masing partai. Logo Partai Golkar adalah Pohon Beringin. Sementara logo PAN bergambar matahari putih yang bersinar dan PPP memiliki logo gambar Kakbah dengan latar hijau.

"Untuk menambah beringin, surya alam, dan baitullah. Jadi kalau pohon beringin harus disinari oleh matahari, dia akan menjadi hijau. Dan kalau sudah tumbuh, kita sama-sama membangun dan melanjutkan, mendapatkan ridha Allah," kata Airlangga.

Airlangga juga memastikan ketiga partai akan memulai kerja sama dari level pusat hingga kabupaten/kota. Salah satunya dengan saling menyamakan program.

"Pada kesempatan ini kami dari Golkar meminta dan instruksikan kepada seluruh jajaran Golkar untuk menindaklanjuti pertemuan ini dengan kerja sama baik dengan PAN dan PPP. Semoga kerja sama ini mendapatkan ridho oleh Allah," ujarnya.

Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa belum bisa memastikan apakah bakal berkoalisi dengan Golkar dan PAN atau tidak. Akan tetapi, peluang akan terus ada. Bahkan peserta koalisi pun bisa bertambah.

"Insyaallah, Insyaallah [akan berkoalisi]. Kemungkinan nambah pasti lah," ucap Suharso.

(cfd/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER