Airlangga Tak di Kantor, Petani Sawit Ingin Bertemu Pihak Istana

CNN Indonesia
Selasa, 17 Mei 2022 12:34 WIB
Massa petani sawit melanjutkan aksi di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (17/5). Massa petani sawit ingin bertemu pihak Istana Kepresidenan setelah tak berhasil menyampaikan tuntutan langsung ke Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa (17/5). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Massa petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) melanjutkan aksi di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Mereka menuntut pencabutan larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO).

Para petani sawit ini awalnya menggelar aksi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Namun, massa aksi tak ditemui Menko Perekonomian Airlangga Hartarto lantaran yang bersangkutan tak ada di kantor.


Perwakilan massa aksi hanya bertemu dengan pejabat Kemenko Perekonomian. Mereka mengklaim telah menyampaikan tuntutannya kepada pejabat tersebut.

Meski demikian, mereka mengaku belum mendapatkan hasil yang jelas dari pertemuan tersebut.

"Kami tak dapatkan hasil jelas. Kami tak dapat komitmen jelas dan kepastian pencabutan aturan Menteri Perdagangan tentang larangan ekspor CPO," ujar orator dari atas mobil komando di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (17/5).

Pantauan CNNIndonesia.com, massa petani sawit memadati kawasan Patung Kuda. Mereka pun berencana melanjutkan aksi hingga seberang Istana Kepresidenan Jakarta.

Orator lantas meminta kepada kepolisian untuk berkomunikasi kepada pihak Istana Negara. Hal itu bertujuan agar petani sawit bisa bertemu dengan pihak Istana.

"Itu rumah rakyat itu rumah kami. Kami sudah dari pagi panas-panasan. Pak Menko [Perekonomian] tak ada di tempat," ujarnya.

Orator menyebut tak ada satu menteri pun yang peduli dengan nasib petani sawit usai kebijakan larangan ekspor CPO diberlakukan. Mereka lantas menggantungkan harapan kepada Presiden Jokowi untuk mencabut larangan ekspor tersebut.

"Karena kami lihat satu pun menteri tak ada yang peduli terhadap nasib petani sawit. Kami yakin pak Jokowi sebagai wajah rakyat mampu mencabut larangan ekspor CPO itu," kata orator.

Demo petani sawit hari ini diikuti para petani yang tergabung dalam Apkasindo dari 22 Provinsi. Mereka mendesak Jokowi meninjau ulang kebijakan larangan ekspor sawit dan produk MGS serta bahan bakunya karena berdampak langsung ke petani.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER