Pemprov DKI Akan Bebaskan Lahan 300 Meter untuk Normalisasi Sungai

CNN Indonesia
Rabu, 18 Mei 2022 12:10 WIB
Rencana pembebasan lahan itu akan dilakukan di wilayah Jati Keramat, Jakarta Timur, melalui program penanggulangan banjir 2023. Suasana pemukiman di kawasan bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (9/3/2021). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) berencana melakukan pembebasan lahan sepanjang 300 meter untuk proyek normalisasi sungai.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan pembebasan lahan itu akan dilakukan di wilayah Jati Keramat, Jakarta Timur melalui program penanggulangan banjir 2023.


"Itu rencananya kita yang di Jati Keramat, karena sudah (akan) ada pembebasan 300 meter," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi D, Selasa (17/5).

Yusmada mengatakan langkah pembebasan lahan tersebut bakal masuk kegiatan restorasi sungai dengan total pagu anggaran sebesar Rp237,8 miliar.

Ia mengklaim rencana tersebut juga sebagai bentuk komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk melanjutkan proyek normalisasi yang telah berlangsung sejak era Gubernur DKI Fauzi Bowo dahulu.

Lebih lanjut, ia mengatakan akan ada tujuh wilayah kelurahan di area tersebut yang menjadi prioritas utama pembebasan lahan. Adapun dua kelurahan yang sudah dilakukan pembebasan lahan merupakan Kelurahan Cawang dan Rawajati.

Sementara untuk Kelurahan Kebon Baru, Manggarai, Pengadegan, Bidara Cina dan Kampung Melayu, menurutnya baru akan direalisasikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Programnya itu tentu (terkait) pembebasan lahan, ini dengan Kementerian (PUPR) sepakat wujud rencananya dulu yang mana, baru kita dekati dengan program," ujar Yusmada.

Di sisi lain, ia menuturkan Kementerian PUPR saat ini juga mulai bergerak melakukan pengerjaan normalisasi di kelurahan-kelurahan yang saat ini sudah selesai dilakukan pembebasan lahan.

"Alhamdulillah itu (proses konstruksi) sudah kontrak dari Kementerian PU," ujarnya.

(tfq/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER