Beda dengan Golkar, PAN Masih Terbuka Usung Capres Selain Airlangga

CNN Indonesia
Rabu, 18 Mei 2022 19:17 WIB
PAN menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu belum membicarakan sosok yang akan diusung dalam Pilpres mendatang. Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu dengan Golkar dan PPP terbuka untuk mengusung sosok dari luar dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Saleh mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu belum membicarakan sosok yang akan diusung dalam Pilpres mendatang. Namun demikian, pihaknya terbuka bagi pihak yang hendak bergabung.

"Sebetulnya belum juga ke arah situ, tetapi bisa jadi orang yang di luar sana ingin menjajaki kita ya silakan saja itu dipersilakan. Kita terbuka," kata Saleh kepada wartawan di kompleks parlemen, Rabu (18/5).


Anggota Komisi IX DPR itu turut angkat bicara soal pertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beberapa waktu lalu usai momen lebaran.

Menurut Saleh, partainya memang dekat dengan RK. Orang nomor satu di Bumi Pasundan itu kata dia beberapa kali kerap hadir dalam acara partainya. Meski begitu, kata dia, keputusan untuk mengusung RK tetap harus dibicarakan dengan Golkar dan PPP.

"Tetapi untuk menentukan apakah RK akan diusung atau tidak itu tidak bisa aecara sendiri sendiri, jadi akan diusung bersama sama," katanya.

Tak hanya RK, Saleh menyebut partainya juga memiliki kedekatan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pada salat Idulfitri awal Mei lalu, Ketua Umumnya juga secara khusus bertemu dengan Anies.

"kita juga memiliki kedekatan terutama dengan tokoh-tokoh politik itu yang saya kira memiliki elektabilitas yang cukup dan bisa dipertimbangkan untuk menjadi calon pemimpin nasional," katanya.

Sementara itu, Golkar diketahui sebelumnya menegaskan bakal mengusung Ketua Umum mereka Airlangga Hartarto di Pilpres 2024 lewat koalisi Indonesia Bersatu dengan PPP dan PAN.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan sebagai partai dengan kursi terbanyak parlemen dalam koalisi tersebut, wajar jika pihaknya ingin memajukan Airlangga sebagai capres.

Meski begitu, kata Ace, pihaknya akan tetap mempertimbangkan masukan PAN dan PPP terkait calon yang akan diusung.

"Kalau Golkar sendiri ya kita masih konsisten hasil Munas Partai Golkar di mana Pak Airlangga sebagai capres. Tapi tentu kita juga harus mendengarkan pandangan-pandangan parpol lain," kata dia kepada wartawan di kompleks parlemen, Rabu (18/5).

(thr/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER