Lawan Praktik KKN, Elemen Mahasiswa Demo di Depan DPR Besok

CNN Indonesia
Rabu, 18 Mei 2022 19:01 WIB
Koordinasi aksi mengatakan sesuai hasil konsolidasi nasional, massa mahasiswa akan berdemonstrasi di depan DPR besok menolak praktik KKN. Ilustrasi aksi mahasiswa di Jakarta. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah elemen mahasiswa, aktivis, hingga buruh yang tergabung dalam Komite Rakyat Lawan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KRL-KKN) akan menggelar aksi nasional di kompleks parlemen, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/5).

Koordinator Aksi, Febriditya Ramdhan, mengatakan aksi massa tersebut akan mulai digelar sekitar pukul 13.00 WIB.

"Kita besok [aksi] jam 1 di DPR," kata Adit saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Rabu (18/5).


Adit juga mengatakan aksi yang akan digelar pada momentum Hari Kebangkitan Nasional tersebut merupakan hasil dari acara konsolidasi nasional yang berlangsung pada 10-12 Mei di Taman Wiladatika, Cibubur.

"Menyatakan sikap untuk turun pada tanggal 19 dan 20 Mei 2022 dalam momentum hari kebangkitan nasional," kata Adit.

"Oleh karena itu kami menyerukan kepada seluruh komponen mahasiswa, pemuda, pelajar dan seluruh komponen rakyat lainnya untuk terlibat dan turun aksi," imbuhnya.

Meskipun demikian, hingga saat dihubungi, Adit belum bisa memastikan jumlah massa aksi yang akan turun pada momentum Hari Kebangkitan Nasional itu.

"Estimasi besok baru bisa kita kabarkan setelah sudah dalam perjalanan menuju titik aksi," katanya.

Dalam aksi ini, setidaknya ada 17 tuntutan yang mereka suarakan. Beberapa tuntutan di antaranya adalah melawan praktik Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN), menuntut pemerintah menurunkan harga-harga kebutuhan pokok, serta menuntut dibatalkannya semua produk undang-undang yang dibuat secara ugal-ugalan.

(lna/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER