Dinkes DKI Pernah Temukan 49 Pasien Diduga Hepatitis Misterius

CNN Indonesia
Kamis, 19 Mei 2022 11:56 WIB
Dinkes DKI Jakarta sempat menemukan 49 orang dengan gejala hepatitis akut misterius yang belum diketahui penyebabnya. Dokter Puskesmas Kelurahan Gunung Sahari Utara memberikan sosialisasi tentang penyakit hepatitis akut di Sawah Besar, Jakarta, Jumat, 13 Mei 2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengaku sempat menemukan 49 orang dengan gejala hepatitis akut misterius. Namun, penyakit itu belum diketahui penyebabnya.

"Sejauh ini kita pernah menemukan 49 orang yang gejalanya hepatitis, tapi belum ditemukan penyebabnya," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (18/5).


Dwi mengatakan dari 49 pasien yang diduga bergejala hepatitis, 25 orang sudah dikeluarkan dari daftar karena hasil pemeriksaan penunjangnya menunjukkan penyakit lain.

Kemudian, 24 lainnya masih dalam pengembangan. Menurut Dwi, hasil pemeriksaan itu tidak bisa selesai dalam waktu singkat.

"Jadi, dari 24 yang sekarang masih berstatus pengembangan itu ada 20 orang yang masih pending, jadi masih perlu hasil pemeriksaannya," ujar Dwi.

"Kemudian ada tiga orang yang masuk probable, ada satu yang masuk suspect. Jadi kepada mereka 24 orang kita berusaha pastikan penyebabnya apa, kalau bisa diketahui baru keluar dari kelompok penyakit hepatitis misterius," tuturnya.

Sebelumnya, Dinkes DKI Jakarta melaporkan saat ini ada lima orang yang meninggal dunia karena diduga mengidap penyakit hepatitis misterius.

Dwi menjelaskan, dari kelima kasus yang meninggal dunia itu salah satunya telah berstatus probable hepatitis misterius. Sementara sisanya meninggal dunia pada saat proses pemeriksaan.

"Sejauh ini meninggal ada lima orang meninggal," ujarnya.

Infografis Cara Cegah Infeksi Hepatitis Akut pada AnakInfografis Cara Cegah Infeksi Hepatitis Akut pada Anak. (Basith Subastian/CNN Indonesia)
(dmi/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER