Polda Metro Jaya Bentuk Tim Khusus Usut Konvoi Khilafah di Jaktim

CNN Indonesia
Kamis, 02 Jun 2022 15:40 WIB
Tim khusus masih menyelidiki konvoi Khilafatul Muslimin yang membawa sejumlah poster khilafah. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan memberikan keterangan pada wartawan di Jakarta, Kamis, 13 Januari 2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya membentuk tim khusus untuk mengusut konvoi khilafah yang dilakukan anggota Khilafatul Muslimin di Cawang, Jakarta Timur.

"Polda Metro Jaya atas perintah Kapolda telah membentuk tim khusus terkait kasus ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan kepada wartawan, Kamis (2/6).

Disampaikan Zulpan, saat ini tim khusus tersebut sedang melakukan proses penyelidikan terkait konvoi mereka yang membawa sejumlah poster bertuliskan khilafah.

Zulpan menyebut pihaknya telah mendata orang-orang yang terlibat dalam konvoi dan dilakukan pemeriksaan. Namun, ia tak membeberkan berapa orang yang akan dimintai keterangan.

"Kami telah memiliki data terkait mereka yang terlibat dalam kegiatan itu dan saat ini tim akan melakukan pemeriksaan dan pendalaman," ucap Zulpan.

Sebelumnya, beredar video di media sosial yang memperlihatkan konvoi pesepeda motor di Jakarta pada Minggu lalu (29/5). Mereka membawa poster bertuliskan kebangkitan khilafah dan bendera dengan aksara Arab.

Khilafatul Muslimin lantas mengakui itu adalah anggotanya. Menurut Amir Khilafatul Muslimin DKI Jakarta Abudan, konvoi sudah dilakukan sejak 2018.

Sementara itu, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyatakan saat ini pihaknya tengah mengumpulkan bukti-bukti dugaan tindak pidana terorisme yang berkaitan dengan kelompok Khilafatul Muslimin.

Kepolisian menilai ormas ini memiliki latar belakang dan juga kedekatan dengan sejumlah organisasi teroris. Polisi juga menduga mereka berpotensi menimbulkan kejahatan tersebut.

"Kita lihat nanti apakah ini akan mengarah ke tindak pidana terorisme atau tidak, nanti berdasarkan bukti-bukti yang akan kami kumpulkan ini," kata Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar kepada wartawan, Rabu (1/6).

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER