KSAL Sebut Tambahan Anggaran 2023 untuk Modernisasi Alutsista

CNN Indonesia
Rabu, 08 Jun 2022 02:31 WIB
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan mayoritas alutsista milik TNI AL sudah tua. KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan mayoritas alutsista milik TNI AL sudah tua. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan tambahan anggaran yang diajukan pihaknya ke DPR untuk 2023 akan difokuskan untuk pemeliharaan dan perawatan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Ia menyebut mayoritas alutsista milik angkatan laut sudah berusia tua.

"Kemarin sudah saya sampaikan pada DPR. Kita untuk harwat (pemeliharaan dan perawatan) unsur-unsur kita yang mayoritas 60 persen umurnya sudah tua, sudah 40 tahun ke atas," kata Yudo usai membuka KSAL Cup 2022 di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (7/6).

Selain itu, ia mengatakan anggaran tahun depan akan difokuskan untuk modernisasi alutsista.

Ia berharap diperbanyak pengadaan kapal jenis fregat agar bisa beroperasi hingga zona ekonomi eksklusif (ZEE) dan perbatasan.

"Juga ada modernisasi, pengadaan baru, kapal-kapal dari semua jenis. Kemarin sudah ada LST (landing ship tank) jenis baru. Harapan kita diperbanyak dengan fregat-fregat sehingga dapat beroperasi sampai ZEE dan perbatasan kita," kata Yudo.

Komisi I DPR RI sebelumnya telah menyetujui usulan penambahan anggaran untuk TNI sebesar Rp32 triliun pada 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa usai melakukan rapat kerja dengan Komisi I DPR yang diselenggarakan secara tertutup pada Senin (6/6).

Andika mengatakan pengajuan tersebut dilakukan untuk mencukupi rencana kebutuhan di tahun depan.

"Oleh karena itu, kita juga, ya namanya usaha siapa tahu masih ada ruang penambahan anggaran," kata Andika.

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER