Waketum PAN Ungkap Nama Calon Pengganti Zulhas di Wakil Ketua MPR

CNN Indonesia
Kamis, 16 Jun 2022 19:27 WIB
Wakil Ketua Umum (PAN) Yandri Susanto membeberkan sejumlah nama yang kemungkinan mengganti Zulkifli Hasan sebagai Wakil Ketua MPR. Wakil Ketua Umum (PAN) Yandri Susanto membeberkan sejumlah nama yang kemungkinan mengganti Zulkifli Hasan sebagai Wakil Ketua MPR. (CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum (PAN) Yandri Susanto membeberkan sejumlah nama yang kemungkinan mengganti Zulkifli Hasan sebagai Wakil Ketua MPR.

Sebagai informasi, Zulkifli Hasan telah dilantik menjadi Menteri Perdagangan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (15/6) lalu.

Yandri--yang juga Ketua Komisi VIII DPR-- menyebut setidaknya sejumlah nama yang potensial akan mengganti Zulhas.

Selain dirinya, ada pula Ketua Fraksi PAN di DPR Saleh Partaonan Daulay, Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, mantan MenPAN-RB yang kini menjadi anggota DPR Asman Abnur, anggota DPR Mulfachri Harahap, hingga anggota Komisi VII DPR Andi Yuliani Paris.

"Intinya insyaallah yang terbaik yang dikirim ke Wakil Ketua MPR," katanya kepada wartawan di kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (16/6).

Namun, Yandri mengungkap hingga kini belum ada pembicaraan secara khusus terkait hal itu. Menurut dia, penunjukan posisi Wakil Ketua MPR akan ditunjuk langsung oleh Zulhas selaku Ketua Umum PAN.

"Nah nanti Ketua Umum punya hak prerogatif untuk menunjuk atau memutuskan siapa pengganti beliau di MPR," kata dia.

Saat ini, kata Yandri, proses penentuan nama akan terlebih dahulu melalui proses pergantian antar waktu (PAW) terhadap Zulhas. Namun, dia memperkirakan proses penetapan akan dilakukan awal Agustus mendatang usai masa reses anggota dewan.

PAN sendiri kata Yandri hingga saat ini belum berdiskusi lebih lanjut dengan Zulhas terkait hal itu. Menurut dia, Zulhas saat ini masih disibukkan dengan aktivitasnya usai dilantik menjadi Mendag.

"Mungkin karena sebentar lagi akan reses memasuki masa sidang 6 nanti di awal Agustus bisa juga ya, intinya kita tidak juga terburu-buru untuk mengisi kekosongan itu," katanya.

"Kalau Wakil Ketua MPR saya yakin di kepala beliau sudah ada yang ditunjuk tinggal proses administrasinya yang kita tunggu," imbuh Yandri.

(thr/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER