Satgas Catat 19 Provinsi Alami Kenaikan Kasus Aktif Covid

CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 13:30 WIB
Sembilan belas provinsi yang mengalami kenaikan kasus aktif di antaranya Jakarta, DIY, Bali, Jatim, Jateng, Jabar, dan NTB. Ilustrasi tes antigen acak. (Foto: CNN Indonesia/Syakirun Niam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat kasus aktif Covid-19 di Indonesia mulai mengalami peningkatan. Berdasarkan catatan Satgas, 19 provinsi di Indonesia mengalami kenaikan kasus aktif.

Kesembilan belas provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.

Kemudian DI Yogyakarta, Riau, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Selatan. Disusul Kepulauan Riau, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, dan Aceh.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan.

Wiku juga meminta agar warga yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 atau yang belum menerima vaksin primer dosis lengkap agar segera mengakses layanan vaksinasi di fasilitas kesehatan.

Selain itu, ia mendorong masyarakat segera mendapatkan vaksinasi dosis penguat atau booster.

"Meskipun angka ini terbilang tidak tinggi dibandingkan penduduk Indonesia secara keseluruhan, namun dengan jumlah kasus yang selalu kita pertahankan di bawah angka 1.000 dalam dua bulan terakhir, ini alarm yang perlu kita waspadai," ujar Wiku, Rabu (22/6).

Pada Selasa (21/6), pemerintah mencatat penambahan 1.678 kasus konfirmasi positif Covid-19. Berdasarkan data yang dicatat CNNIndonesia.com, penambahan kasus harian kemarin menjadi yang tertinggi dalam sepekan terakhir.

Rincian penambahan kasus harian selama enam hari belakangan yaitu tercatat pada 15 Juni 1.242 kasus, 16 Juni 1.173 kasus, dan 17 Juni 1.220 kasus. Kemudian, 18 Juni sebanyak 1.264 kasus, 19 Juni 1.167 kasus, dan 20 Juni 1.180 kasus.

Kemudian, kasus aktif Covid-19 di Indonesia tercatat ada sebanyak 10.095 kasus. Jumlah ini bertambah 996 kasus dari hari sebelumnya.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER