Pasukan Elite Jokowi Dilengkapi Amunisi Tak Terbatas selama di Ukraina

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 15:07 WIB
Paspampres menerjunkan pasukan elite pengawal Jokowi dengan amunisi tak terbatas. Ukraina juga memberi izin khusus mengenai persenjataan yang boleh dibawa. Paspampres menerjunkan pasukan elite untuk mengawal Presiden Jokowi saat berkunjung ke Ukraina akhir Juni mendatang (Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dilengkapi amunisi tidak terbatas saat mengawal Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv akhir Juni mendatang.

Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo mengatakan Ukraina memberi sejumlah izin khusus mengenai persenjataan. Selain soal amunisi, ada pula keistimewaan soal jenis senjata yang digunakan.

"Dari pihak Ukraina juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang sesuai dengan jumlah personel Paspampres kita dengan amunisi yang tidak terbatas," kata Tri saat dihubungi, Kamis (23/6).


Tri menyampaikan Paspampres akan menerjunkan 39 orang personel dalam lawatan Jokowi ke Kyiv. Pasukan yang diterjunkan pernah ditempa di sejumlah pasukan elite TNI antara lain Kopassus, Denjaka hingga Paskhas.

Dia berkata pasukan akan dibagi ke dalam tiga tim, yaitu tim utama yang melekat ke Jokowi, tim penyelamatan, dan tim pendahulu. Tim pendahulu akan berangkat hari ini ke Kyiv untuk mempersiapkan kunjungan Jokowi.

"Alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus, ada dari Denjaka, ada dari Paskhas ada. Alhamdulillah kita percaya diri," ujarnya.

Paspampres juga menyiapkan rompi dan helm antipeluru untuk Jokowi dan para delegasi Indonesia. Perlengkapan itu bisa digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan.

Jokowi akan berkunjung ke Ukraina dan Rusia dalam misi perdamaian. Dia akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Kunjungan akan dilakukan akhir bulan ini.

(dhf/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER