Menkes Prediksi Sebentar Lagi DKI Capai Puncak Subvarian BA.4 dan BA.5

CNN Indonesia
Rabu, 29 Jun 2022 19:56 WIB
Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, 85 persen kasus Covid-19 di DKI Jakarta saat ini merupakan kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: cnnindonesia/KhairaUmmah
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan 85 persen kasus Covid-19 yang dilaporkan di DKI Jakarta saat ini merupakan kasus positif subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Ia pun memprediksi DKI akan mencapai puncak gelombang subvarian ini sebentar lagi.

"Jakarta itu sekarang 85 persen genome sequencing (WGS) kita Omicron. Jadi Jakarta banyak yang kena itu Omicron semua. Kalau menurut saya Jakarta itu sebentar lagi sampai puncak," kata Budi kepada wartawan di Kementerian Kesehatan, Rabu (29/6).

Sementara secara nasional, Budi memperkirakan Indonesia akan mengalami lonjakan Covid-19 pada pekan kedua atau ketiga Juli 2022.

Namun, ia menyebut kasus pasien yang dirawat di rumah sakit hingga kematian tidak akan setinggi puncak gelombang Omicron subvarian sebelumnya apalagi Delta.

Adapun jumlah sebaran kasus BA.4 dan BA.5 di Indonesia melonjak menjadi 739 kasus per 28 Juni 2022. Rinciannya dua kasus BA.4 71 kasus dan 668 kasus BA.5.

Dua subvarian ini teridentifikasi sejumlah daerah Indonesia seperti Bali, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan terbanyak DKI Jakarta.

"Jadi ya akan lumayan yang tertular, tapi yang penting masuk rumah sakitnya kosong. Tempat pak Syahril (RSPI Sulianti Saroso) yang masuk 10 orang [sekarang], waktu Omicron yang dulu lebih penuh, kalau jaman Delta sampai antre-antre," ujarnya.

Lihat Juga :

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER