Cerita Airlangga Diberi Secarik Kertas Data oleh Tjahjo Kumolo

CNN Indonesia
Jumat, 01 Jul 2022 22:01 WIB
Airlangga mengaku diberi selembar kertas berisi data terkait pemerintahan dan politik oleh Tjahjo Kumolo dalam komunikasi terakhirnya. Prosesi Pemakaman Tjahjo Kumolo (Humas MenPAN-RB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menko Perekonomian Airlangga Hartato mengungkapkan komunikasi terakhirnya dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

Airlangga mengaku diberi selembar kertas berisi data terkait pemerintahan dan politik. Airlangga tak menjelaskan lebih detail ihwal data tersebut. Namun, menurutnya itu sangat berguna.

"Pak Tjahjo Kumolo memberikan saya sebuah satu lembar data yang sangat berguna. Persoalan baik itu pemerintahan maupun politik," katanya kepada wartawan, Jumat (1/7).

Airlangga juga mengenang saat Tjahjo saat menjadi kader di Partai Golkar sebelum berlabuh ke PDI Perjuangan. Ia menyebut Tjahjo Kumolo adalah mentor di Golkar.

"Jadi almarhum Pak Tjahjo sebelum di PDIP pernah di Partai Golkar menjadi salah satu mentor pajak orang termasuk saya," katanya.

Saat bergabung dengan Kabinet Indonesia Maju di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia juga mengaku semakin dekat dengan Tjahjo.

Sebagai Menpan-RB, mata dia Tjahjo Kumolo membantu proses perubahan atau peraturan mengenai aparatur sipil negara (ASN).

"Saling bertukar informasi dan juga tentu sangat membantu di dalam proses terkait dengan perubahan atau perputaran di ASN," ucapnya.

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga beliau husnul khatimah dan memperoleh tempat terbaik di sisi Allah," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam keterangan resminya.

Muhammadiyah turut mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran. Haedar pribadi melihat sosok Almarhum Tjahjo Kumolo sebagai figur yang santun nan profesional semasa hidupnya.

"Almarhum dikenal sebagai sosok yang santun, profesional, dan luas hubungannya dengan berbagai kalangan. Semoga menjadi contoh bagi generasi muda," tutup Haedar

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini, Jumat (1/7) di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, pukul 11.10 WIB. Kini Tjahjo tengah disemayamkan di rumah duka untuk setelahnya disalatkan di Masjid Quba, Kemenpan-RB dan dimakamkan di TMP Kalibata.

(yla/kum/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER