KM Setia Makmur Tenggelam di Laut Arafura, 15 ABK Hilang

CNN Indonesia
Minggu, 03 Jul 2022 19:15 WIB
Tim SAR gabungan melakukan pencarian KM Setia Makmur 06 yang dilaporkan tenggelam di laut Arafura, hingga menyebabkan 15 dari 25 anak buah kapal (ABK) hilang. Ilustrasi. Tim SAR gabungan melakukan pencarian KM Setia Makmur 06 yang dilaporkan tenggelam di laut Arafura, hingga menyebabkan 15 dari 25 anak buah kapal (ABK) hilang. Foto: ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim SAR gabungan terjun melakukan pencarian terhadap KM Setia Makmur 06 yang dilaporkan tenggelam di laut Arafura, hingga menyebabkan 15 dari 25 anak buah kapal (ABK) hilang.

Kepala SAR Merauke Supriyanto Ridwan mengatakan laporan tenggelamnya KM Setia Makmur 06 diterima Sabtu (2/7). Posisi kapal terakhir terdeteksi pada pukul 01.00 WIT dengan koordinat 08°.28'.00'' S - 136°.35'.00'' E atau berjarak 426 km ke arah barat dari dermaga Merauke.

Kejadian tersebut dilaporkan kapal nelayan lain yang berada di sekitar lokasi kejadian ke pengurus kapal yang berada di Dobo yang kemudian melaporkannya ke SAR Merauke.

Dari surat kapal terungkap, kapal naas itu merupakan kapal yang digunakan untuk memancing cumi berawak 25 orang ABK.

Kapal tersebut bertolak dari dermaga di Dobo pada 24 Juni lalu, menuju ke perairan Arafura untuk memancing cumi. Supriyanto menaksir jika dihitung dari tepian pesisir Pulau Dolok ke titik kecelakaan kapalnya berjarak sekitar 115 km.

Setelah menerima laporan, Tim SAR kemudian berkoordinasi dengan berbagai potensi SAR termasuk dengan aset-aset potensi yang sedang berada di sekitar lokasi kecelakaan.

Ada tiga kapal nelayan yang berada paling dekat dengan titik kejadian, yakni KM Sinar Mas 01, KM Jaya Sejahtera dan KM Pulau Muara. Ketiganya ikut dikerahkan melakukan pencarian.

Sebanyak 10 ABK berhasil ditemukan selamat di sekitar lokasi kejadian. Mereka dievakuasi ke KM Sinar Mas 01.

KRI Teluk Weda yang berada di Teluk Bintuni dan KRI Teluk Weda turut dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan operasi pencarian.

(Antara/gil)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER