Banjir Rob Terjang Aceh Barat, Puluhan Warga dari Dua Desa Mengungsi

Dika Kardi | CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 02:03 WIB
Puluhan warga di dua desa dalam Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, terpaksa mengungsi akibat permukiman mereka diterjang banjir rob. Ilustrasi dampak banjir rob. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)
Banda Aceh, CNN Indonesia --

Puluhan warga di dua desa dalam Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat mengungsi akibat diterjang banjir rob yang sudah menggenangi pemukiman warga, Minggu (3/7).

Ketinggian air yang menggenangi rumah warga di Desa Pasir dan Desa Ujong Kalak itu mencapai 60 centimeter. Hingga kini 30 kepala keluarga memilih mengungsi ketempat yang lebih aman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas mengatakan, banjir rob yang menerjang pesisir Aceh Barat diakibatkan cuaca ekstrem, dan gelombang laut mencapai 5 meter.

"Sehingga terjadi abrasi pantai dan merendam rumah warga, terkait data pengungsi kita masih melakukan pendataan," ujar Ilyas.

Dari informasi yang dihimpun pihaknya, hingga saat ini kondisi gelombang air laut masih tinggi di perairan Aceh Barat. Untuk itu ia berharap warga tetap waspada.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Plt Kepala Desa Ujong Kalak, Muhammad Hasmi mengatakan gelombang pasang ini mulai terjadi sejak Minggu pagi. Ia mengatkan air laut naik ke daratan akibat tanggul penahan ombak rusak.

"Jadi yang dekat sama pantai ini semua kena yang terendam lebih kurang 30 unit lebih rumah yang sudah terendam banjir rob ini. Warga sudah mengungsi di masjid sekitar 30 rumah," katanya kepada wartawan.

Ia berharap pihak terkait segera membangun tanggul pemecah ombak, agar bencana banjir rob bisa tertanggulangi.

(dra/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER