Mahfud Yakin Jokowi Sudah Punya Nama Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 12:01 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD yakin Presiden Jokowi hanya tinggal menunggu waktu untuk mengumumkan Menpan-RB pengganti Tjahjo Kumolo. Menko Polhukam Mahfud MD yakin Presiden Jokowi sudah memiliki nama calon Menpan-RB yang baru menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD yakin Presiden Joko Widodo telah mengantongi nama Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Reformasi dan Birokrasi yang baru menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo.

Mahfud mengatakan Presiden Jokowi besar kemungkinan segera mengumumkan jika waktu masa berduka sudah lewat usai Tjahjo wafat pada Jumat lalu (1/7).

"Pak Jokowi pasti sudah tahu (pengganti Tjahjo) dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu bela sungkawa," kata Mahfud dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Senin (4/7).

Mahfud enggan bicara soal sosok yang cocok atau kriteria Menpan-RB berikutnya. Dia mengatakan itu sepenuhnya hak prerogatif Jokowi selaku presiden.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu yakin Jokowi memiliki perangkat penilaian yang lengkap dalam memilih Menpan-RB yang baru.

"Untuk memilih orang yang tepat menjadi menteri, untuk diangkat berdasar hak prerogatif presiden. Oleh sebab itu saya tak punya preferensi penilaian apa pun dan siapa pun," ujar Mahfud.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7) pekan lalu setelah menjalani perawatan intensif selama dua minggu di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Politisi PDIP itu disebut mengalami komplikasi paru dan diabetes.

Tjahjo dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan di hari yang sama.

Mahfud MD sempat menjadi Menpan-RB ad interim untuk menjalani tugas-tugas yang ditinggalkan Tjahjo saat masih dirawat di rumah sakit.

(iam/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER