Menkes Tegaskan Masyarakat Tetap Bebas Masker di Luar Ruangan

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 12:24 WIB
Pemerintah menegaskan belum menganulir kebijakan bebas masker di luar ruangan. Wacana pemakaian masker di luar ruangan sempat disampaikan Wapres Ma'ruf Amin. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan belum menganulir kebijakan bebas masker di luar ruangan. (CNNIndonesia/KhairaUmmah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin membantah pernyataan Wakil Presiden Ma'ruf Amin soal penerapan kembali aturan wajib menggunakan masker.

Budi mengatakan belum ada perubahan kebijakan terkait penggunaan masker. Dia berkata masyarakat boleh melepas masker saat berada di luar ruangan.

"Memang belum ada perubahan kebijakan mengenai masker. Terakhir disampaikan pemerintah, jadi di luar diizinkan tidak menggunakan masker sedangkan di dalam ruangan diharapkan, diimbau, untuk memakai masker," kata Budi dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (4/7).

Budi menyampaikan memang ada peningkatan kasus Covid-19 karena kemunculan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Namun, ia menyebut kenaikan jumlah kasus di Indonesia tak terlalu tinggi dibandingkan negara lain.

Ia mendorong masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker. Budi pun mengajak masyarakat untuk segera mengikuti vaksinasi dosis ketiga.

"Insyaallah itu respons yang cukup untuk menghadapi Iduladha dengan normal karena sama seperti Idulfitri Alhamdulillah bisa kita lewati dengan normal," ujarnya.

Wacana pengetatan pemakaian masker disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pekan lalu. Menurut Ma'ruf kebijakan pengetatan atau pelonggaran harus berdasarkan kondisi di lapangan.

Ma'ruf pun menyebut masker harus dipakai lagi saat berada di luar ruangan karena peningkatan jumlah kasus.

"Protokol kesehatan tetap kita ketatkan, masker terutama ya, (saat) ada kenaikan terpaksa masker harus dipakai lagi. Jadi kelonggaran itu kita tarik dulu sampai nanti situasinya memungkinkan baru kita buka lagi," ungkap Ma'ruf Amin di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (1/7).

(dhf/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER