Kapolda Metro Ikrar Basmi Parkir Liar Picu Kemacetan Jakarta

CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 11:32 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meminta kendaraan yang parkir liar langsung diderek oleh petugas polisi. Ilustrasi. Kapolda Metro Minta Parkir Liar Ditindak Tegas, Nilai Sebabkan Macet. (Foto: (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memerintahkan jajarannya menindak tegas kendaraan dan kantong-kantong parkir liar di Jakarta. Menurutnya, kendaraan yang parkir liar menyebabkan kemacetan lalu lintas.

"Begitu ada yang parkir sembarangan, tarik. Begitu aja caranya," ucap Fadil dalam video yang diunggah di akun Instagram @kapoldametrojaya, dikutip Rabu (6/7).

Menurutnya, kemacetan wajar terjadi jika ada peningkatan volume kendaraan. Namun, jika macet diakibatkan kendaraan yang parkir sembarangan, maka harus ditertibkan.

"Kalau macet karena memang parkir sembarangan padahal sudah ada pedestrian itu yang menurut saya harus kita tertibkan," katanya.

Fadil pun memerintahkan jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya memetakan titik macet yang disebabkan parkir liar. Ia menegaskan, kemacetan yang terjadi harus diurai.

"Cari di mana titik-titik yang selalu macet tapi dianggap menjadi sebuah kebiasaan, padahal sebenernya macet itu bisa diurai," ujarnya.

Fadil mencontohkan beberapa titik macet yang disebabkan oleh parkir liar yakni Jalan Suryo dan Jalan Senopati. Ia pun memerintahkan agar personel dan mobil derek disiagakan di lokasi itu untuk mengangkut kendaraan yang parkir sembarangan.

"Kalau perlu ada posko lalu lintas bersama DLLAJR di situ, saya akan liat mulai hari ini sampai ke depan. Saya mau anda taruh derek di situ, anda taruh anggota di situ," tuturnya.

Selain itu, lokasi lain seperti di Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur juga perlu diperhatikan. Terutama, kata Fadil, di tempat-tempat yang sangat mengganggu kepentingan umum.

[Gambas:Instagram]



(tsa/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER