Pemprov DKI Imbau Jemaah Salat Iduladha JIS Sudah Vaksin Booster

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 07:40 WIB
Meski telah disediakan tempat wudu, warga disarankan untuk wudu dari rumah untuk mengurangi antrean dan pelaksanaan salat dapat dimulai tepat waktu. Salat Idulfitri di JIS, beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar salat Iduladha berjemaah di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7). Warga yang hendak ikut salat berjemaah diimbau untuk melengkapi vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko juga meminta selama mengikuti proses salat Id, warga tetap memakai masker meski di ruang terbuka.

"Diimbau untuk seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kenyamanan bersama. Silakan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Iduladha secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/7).

Sigit mengatakan pelaksanaan salat Iduladha berjamaah ini telah dikoordinasikan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, dan lembaga islam lainnya. Pada prinsipnya mereka menyatakan, pelaksanaan salat Iduladha di JIS ini telah sesuai dengan kaifiat salat Iduladha.

Selain itu, untuk menjamin kesucian tempat salat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah DKI Jakarta.

Berbagai infrastruktur untuk mendukung salat Idulfitri di JIS juga sudah disiapkan, seperti tempat wudu, tempat parkir, dan toilet. Meski telah disediakan tempat wudu, warga disarankan untuk wudu dari rumah untuk mengurangi antrean dan pelaksanaan salat dapat dimulai tepat waktu.

"Segala sesuatu keperluan saat salat Id sudah disiapkan. Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan salat Id berjamaah dapat berjalan sukses. Oleh karena itu, mari tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung, dan lengkapi vaksinasi boosternya," imbuh Sigit.

Pelaksanaan salat Iduladha di JIS nantinya bisa menampung hingga 30 ribu orang. Salat akan digelar di Ramp Barat, Ramp Timur, concourse Utara dan Selatan. Namun, Pemprov DKI juga telah menyiapkan alternatif tempat salat Iduladha di salah satu lokasi yang ada di JIS jika terjadi hujan.

Selain itu, direncanakan yang menjadi Khatib adalah Prof. KH Syukron Mam'un, serta Imam salat Ied adalah KH Muhammad Ali.

Gelaran salat di stadion JIS bukan pertama kalinya. Pada waktu Idulfitri lalu, Pemprov juga menggelar salat di stadion tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada 10 Juli 2022.

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal bulan Zulhijah 1443 H yang dipimpin langsung Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Rabu (29/4) malam.

(dmi/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER