Warga Apartemen Jakut Tak Perlu Urus Dokumen Perubahan Nama Jalan

blq | CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 13:48 WIB
Warga Jakarta Utara tak perlu mengurus dokumen penyesuaian data kependudukan terkait perubahan nama jalan di Jakarta. Pemutakhiran Adminduk Warga Terkait Perubahan Nama Jalan (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta mengatakan warga Jakarta Utara yang tinggal di apartemen tak perlu mengurus dokumen penyesuaian data kependudukan terkait perubahan nama jalan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Diketahui, Disdukcapil tengah memperbarui dokumen kependudukan warga di wilayah terdampak perubahan nama jalan. Namun, dari lima wilayah di DKI Jakarta, hanya Jakarta Utara yang tak melakukan perubahan data.

Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin mengatakan tak adanya perubahan dokumen di Jakarta Utara lantaran wilayah tersebut merupakan kawasan apartemen.

"Memang tidak ada perubahan dokumen, karena kawasan apartemen. Di KTP tidak menyebutkan nama jalan. Hanya mencantumkan apartemen blok dan nomor," kata Budi saat dihubungi, Rabu (6/7).

Di sisi lain, Budi menyebutkan bahwa wilayah-wilayah lain sudah mulai memperbarui data kependudukan. Hanya saja, baru 32 persen warga yang melakukan penyesuaian.

"Dari 2.909 jumlah target cetak KTP, total jumlah KTP berproses 959 atau 32,97 persen," ujarnya.

Budi juga menyebutkan dari 1.358 jumlah target cetak Kartu Keluarga (KK) yang harus menyesuaikan, jumlah yang sudah terproses sebanyak 608 KK atau sekitar 44,77 persen.

Berdasarkan data Disdukcapil per Selasa (5/7) pukul 16.00 WIB, sebanyak 176 orang atau 28,48 persen warga Jakarta Selatan telah melakukan penyesuaian data KTP dari target penyesuaian 618 orang. Adapun untuk penyesuaian KK, dari jumlah target 306 baru 99 orang atau 32,35 persen yang melakukan penyesuaian.

Di Jakarta Pusat, dari 373 target penyesuaian KTP, baru 162 orang atau 43,43 persen yang sudah berproses. Sementara itu, dari target 178 penyesuaian KK, sebanyak 97 orang atau sekitar 54,49 persen telah berproses.

Sedangkan untuk wilayah Jakarta Timur, dari jumlah target 1.817 penyesuaian data KTP, baru 350 orang atau 19,26 persen yang sudah berproses. Untuk penyesuaian KK, dari target 830 baru 191 yang melakukan penyesuaian.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan telah resmi mengganti 22 nama jalan di wilayah ibu kota negara tersebut.

Imbas penggantian nama tersebut, warga pun harus bersiap untuk mengubah dokumen kependudukan mereka seperti KTP, KK, STNK, BPKB, akta tanah, hingga akta perusahaan.

(isn/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER