Selebgram Medina Zein Resmi Ditahan di Polda Metro Jaya

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 17:53 WIB
Medina Zein ditahan usai menyelesaikan urusan proses administrasi di Kejari Jakarta Selatan. Medina Zein ditahan di Polda Metro. (Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selebgram Medina Zein resmi ditahan oleh Kejari Jakarta Selatan di Rutan Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pencemaran nama baik selama 20 hari ke depan.

Medina ditahan usai menyelesaikan urusan proses administrasi di Kejari Jaksel. Ia diketahui telah tiba di Rutan Polda Metro Jaya sekitar pukul 17.00 WIB.

Medina yang mengenakan baju warna cokelat, kerudung, serta rompi tahanan warna merah itu bungkam saat tiba di Polda Metro Jaya.

Kasipidum Kejari Jaksel Denny Wicaksono mengatakan penahanan terhadap Medina dilakukan setelah pihaknya menerima pelimpahan tahap II dari penyidik Polda Metro Jaya.

"Tim penyidik melakukan penahanan di kami berdasarkan nota pendapat JPU, akhirnya kita sependapat bahwa tersangka atas nama Medina kami tahan selama 20 hari ke depan," kata Denny kepada wartawan, Kamis (7/7).

Denny menjelaskan pihaknya menerima pelimpahan dua perkara atas nama Medina. Pertama, adalah yang dilaporkan oleh sosialita Uci Flowdea.

Dalam perkara ini, Medina disangkakan melanggar Pasal 23 ayat 4 Jo Pasal 45 ayat 4 UU ITE dan atau Pasal 29 Jo Pasal 45B UU ITE dan atau Pasal 335 ayat 1 KUHP.

Kemudian perkara kedua adalah yang dilaporkan oleh selebgram Marissya Ica. Di kasus ini, Medina disangkakan melanggar Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3 dan atau Pasal 311 KUHP dan atau Pasal 310 ayat 1 KUHP.

Denny turut menjelaskan bahwa penahanan terhadap Medina ini berdasarkan pada laporan yang dilayangkan oleh Uci.

"Yang (laporan) Marissya Icha kan enggak bisa dilakukan penahanan, ancamannya di bawah 5 tahun, jadi yang ini bisa dilakukan penahan, jadi skala tahap 2 kali ini, dua perkara sekaligus, kita melakukan penahanan dengan korbannya Uci Flowdea," tuturnya.

Lebih lanjut, Denny belum membeberkan kapan persidangan terhadap Medina akan dijadwalkan. Kata dia, saat ini JPU sedang melakukan penyusunan dakwaan.

Sebelumnya, polisi melakukan penjemputan paksa terhadap Medina Zein. Upaya paksa ini dilakukan lantaran Medina beberapa kali mangkir dalam pemeriksaan sebagai tersangka.

"Medina Zein telah dijemput paksa dengan surat perintah membawa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan dalam keterangannya.

(dis/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER