Ridwal Kamil Selesai Jalankan Haji Badal Eril: Sempurna Iman Islamnya

CNN Indonesia
Minggu, 10 Jul 2022 13:10 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menyelesaikan proses haji badal atas nama putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Ridwan Kamil haji badal Eril. (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menyelesaikan proses haji badal atas nama putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang telah meninggal karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss beberapa waktu lalu. Emil, sapaannya, turut mendoakan agar ibadah haji yang dijalankan itu diterima Allah SWT.

"Haji Emmeril Kahn Mumtadz, Alhamdulillah, semua proses badal haji atau menghajikan Eril sudah kami tunaikan. Dari niat sampai proses wajib rukun dan sunnahnya. Selesai tugas saya sebagai ayahnya menyempurnakan iman islamnya. Semoga menjadi haji mabrur," tulis Emil dalam akun instagram-nya, dikutip Senin (11/7).

Dalam unggahan itu, ia mengucapkan selamat Idualdha kepada umat Islam yang merayakan. Emil juga menyampaikan permohonan maaf.

"Semoga Qurban dan segala pengorbanan kita semua ini diterima Allah SWT sebagai pahala yang menyelamatkan kita di akhir waktu kelak," tulisnya.

Sebagai informasi, haji badal adalah ibadah haji yang dilakukan atas nama keluarga atau orang yang ingin diwakilkan. Haji badal bisa dilakukan oleh orang yang pernah menjalankan ibadah haji dan orang yang dibadalkan sudah uzur baik karena sakit, renta/lansia, atau meninggal dunia.

Pada pekan lalu, Emil mengumumkan akan berhaji atas nama Eril.

"Sekalian di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. Karenanya, tadi pagi ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril," kata dia pekan lalu.

(yog/DAL)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER