Perpustakaan Jakarta di TIM Dibuka, Maksimal 300 Orang Per Hari

CNN Indonesia
Selasa, 12 Jul 2022 04:10 WIB
Perpustakaan umum di Taman Ismail Marzuki memiliki ruang bermain untuk anak berupa indoor dan outdoor. Pengunjung perlu mendaftar via internet. Perpustakaa Umum Jakarta yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki sudah dibuka untuk umum (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki (TIM) DKI Jakarta kembali dibuka untuk masyarakat umum. Wajib mendaftar terlebih dahulu via internet jika ingin berkunjung.

Humas Perpustakaan Umum Jakarta, Irfan mengatakan pengunjung juga dibatasi 300 orang per hari dengan jam operasional dimulai pukul 09.00 WIB.

"Kami buka 300 kuota untuk pendaftar, jika ada pengunjung yang keluar dari perpustakaan, yang berada di antrean bisa mendaftar dan masuk," kata Irfan mengutip Antara, Selasa (12/7).

Irfan mengatakan pengunjung yang ingin datang ke lokasi juga bisa mendaftar langsung di ruang utama. Akan tetapi, itu tidak bisa dilakukan apabila kuota pengunjung sudah mencapai 300 orang.

Fasilitas perpustakaan berada di lantai 4, 5, dan 6 Gedung Panjang. Satu lokasi dengan Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin.

Fasilitas di lantai 4 tak hanya menyedikan buku dan bahan bacaan, tetapi juga disediakan ruang bermain bagi anak dan dibagi menjadi dua yakni indoor serta outdoor. Ruang indoor khusus untuk anak-anak usia balita.

"Jadi kita punya dua bilik bermain, satu indoor, satu lagi outdoor, jadi selama orangtua membaca, anak bisa bermain," ucap Irfan.

Di perpustakaan juga ada bilik privasi yang memberikan ruang khusus bagi pengunjung yang membutuhkan tempat tersendiri untuk membaca atau menyelesaikan pekerjaan. Satu bilik dapat diisi oleh dua orang.

Irfan memprediksi tempat favorit di perpustakaan bakal berada di ruangan dengan hamparan karpet yang diisi beberapa kursi bantal.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja meresmikan Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin yang terletak di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat pada Kamis lalu (7/7).

Terdapat 138.000 koleksi di Perpustakaan Jakarta dan 4.395 koleksi di PDS HB Jassin. Perpustakaan Jakarta berisi koleksi buku-buku umum, buku-buku anak, hingga koleksi kejakartaan yang relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat.

(Antara/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER