Mengenal Yanma Polri, Tempat Irjen Ferdy Sambo Kini Bertugas

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 09:35 WIB
Irjen Ferdy Sambo dicopot dari jabatan Kadiv Propam Polri dan dimutasi sebagai pati di Pelayanan Markas (Yanma) Polri. Irjen Ferdy Sambo dicopot dari jabatan Kadiv Propam Polri dan dimutasi sebagai pati di Pelayanan Markas (Yanma) Polri. (Foto: CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri lewat Surat Telegram Kapolri tanggal 4 Agustus 2022. Sambo dimutasi sebagai perwira tinggi (pati) di Pelayanan Markas (Yanma) Polri.

Listyo mengatakan keputusannya itu diambil terkait kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang terjadi di rumah dinas Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Saya keluarkan telegram khusus untuk memutasi dan tentunya harapan saya proses penanganan tindak pidana terkait meninggalnya Brigadir Yosua akan berjalan dengan baik," ujar Listyo, Kamis (4/8).

Selain Sambo, dua jenderal lainnya yang terkait dengan kasus kematian Brigadir J turut dimutasi menjadi pati Yanma Mabes Polri. Mereka adalah Brigjen Hendra Kurniawan dan Brigjen Benny Ali.

Mengutip berbagai sumber, Yanma Polri merupakan unsur pelayanan yang bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pelayanan umum. Di Mabes Polri, posisi Yanma berada langsung di bawah Kapolri.

Selain itu, Yanma merupakan unsur pelayanan yang bertugas untuk menyelenggarakan pelayanan markas yang terdiri dari pelayanan angkutan, perumahan, pengawalan, protokoler, penjagaan markas. dan urusan di lingkungan Polri.

Kemudian, Yanma Polri juga menyelenggarakan fungsi memberikan pembinaan, pengadministrasian, perencanaan program dan anggaran, pelayanan tata usaha dan materiil di lingkungan Yanma Polri, serta pengaturan perumahan di lingkungan Polri.

Selanjutnya, Yanma melaksanakan pelayanan markas yang bersifat umum, pelayanan angkutan personel, pemeliharaan dan perbaikan sarana angkutan, pemeliharaan fasilitas umum perkantoran, hingga pembinaan korps musik Polri.

Yanma kerap dianggap sebagai tempat mutasi perwira yang terlibat masalah atau kasus. Jenderal polisi lain yang pernah dimutasi ke Yanma salah satunya Brigjen Prasetijo Utomo.

Prasetijo yang saat itu menjabat sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Mabes Polri dicopot dan dimutasi ke Yanma Polri. Ia terbukti menandatangani surat jalan untuk buronan kasus cessie Bank Bali, Djoko Tjandra.

(dmi/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER