Cerita Megawati Diundang Putin ke Rusia: Mau Asal Dikasih Senjata

CNN Indonesia
Jumat, 12 Agu 2022 05:25 WIB
Megawati Soekarnoputri mengaku pernah diundang ke Rusia oleh Presiden Vladimir Putin. Namun ada syarat dari Mega sebelum memutuskan untuk datang ke Rusia. Megawati Soekarnoputri mengaku pernah diundang ke Rusia oleh Presiden Vladimir Putin. Namun ada syarat dari Mega sebelum memutuskan untuk datang ke Rusia (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku pernah diundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke negaranya. Dia diundang saat masih menjadi Presiden Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Mega saat menjadi keynote speaker dalam talkshow Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara di Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (11/8).

Mulanya, Megawati mengumpulkan laporan tentang kekuatan angkatan bersenjata Indonesia saat masih menjadi presiden. Namun, laporan yang ia terima tidak memuaskan.

"Waktu saya jadi presiden, saya tanya langsung kekuatan angkatan kita ini berapa banyak, haduh semua laporannya kok tidak menggembirakan," kata Megawati.

Megawati lalu berniat membeli alutsista ke Amerika Serikat dan Inggris guna memperkuat angkatan bersenjata Indonesia. Akan tetapi, kala itu tidak kesampaian.

"Bayangkan, katanya kekuatan kita waktu zaman bapak saya terkuat di Asia Tenggara lalu sekarang bagaimana kan begitu sebagai presiden," ucapnya.

Megawati lalu menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin. Sambutan baik ia terima. Putin mengundangnya datang ke Rusia.

Dalam komunikasi dengan Putin, ia mengaku hanya mau datang ke negara itu jika pulang-pulang membawa alutsista.

"Kalau saya enggak bawa peralatan perang saya enggak jadi datang. Kalau enggak percaya tanya sama Putin sendiri. Putin bilang 'welcome megawati'. Datang saya kan, pulang saya bawa banyak," kata Mega.

(yoa/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER