Prabowo Subianto Jadi Nama Tunggal Capres Usungan Kader Gerindra

CNN Indonesia
Sabtu, 13 Agu 2022 06:15 WIB
Sekjen Gerindra mengklaim tak ada kader yang menyebut nama selain Prabowo untuk diusung menjadi Capres dalam Pilpres 2024. Rapimnas Gerindra digelar di Sentul selama dua hari yakni Jumat (12/8)-Sabtu (13/8). (CNN Indonesia/Cintya Faliana)
Sentul, CNN Indonesia --

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sejauh ini disebut sebagai satu-satunya nama yang diusulkan kader parpol tersebut dari berbagai daerah dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang digelar mulai Jumat (12/8)  ini di Sentul, Bogor.

Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengungkap tak ada kader yang menyebutkan nama selain Prabowo Subianto.

"Seluruhnya meminta Pak Prabowo, yang disebut hari ini oleh seluruh yang menyampaikan pandangan, hanya tunggal namanya Prabowo Subianto, tidak ada nama lain," kata Muzani kepada wartawan di Sentul International Convention Center, Jumat.

Menurut Muzani, ada beberapa alasan yang membuat Prabowo sebagai calon tunggal pilihan para kader. Salah satunya adalah Prabowo sebagai tokoh paling populer dari berbagai lembaga survei.

Muzani menilai hal tersebut sebagai indikator Prabowo paling diminati dan paling disukai.

"Kedua kinerjanya di dalam Kementerian Pertahanan dianggap cukup memberi makna positif bagi pemerintahan Jokowi-Maruf. Kemudian beliau tidak pernah bergeser dari komitmennya untuk menjaga keutuhan NKRI. Itulah alasan kader," kata Muzani.

Sejauh ini diketahui baru beberapa dewan perwakilan daerah (DPD) yang menyampaikan pandangannya terkait calon yang bakal diusung Gerindra dalam Pilpres 2024.

Muzani mengungkap selama ini Prabowo ingin mendengar langsung pandangan dari daerah terkait capres yang diusung.

"Sebagai orang yang demokratis, beliau tidak percaya begitu saja. Karena itu meski beliau memiliki kewenangan dalam anggaran dasar, mandat dari kongres untuk memutuskan capres dari Partai Gerindra, tapi beliau merasa perlu untuk mendengar langsung aspirasi itu," jelasnya.

Nantinya, Prabowo direncanakan memberi jawaban atas permintaan para kadernya pada malam hari usai mendengar seluruh pandangan DPD.

"Setelah beliau mendengar seluruh aspirasi yang disampaikan secara langsung dan zoom meeting di luar negeri, beliau akan jawab nanti pada waktunya, hari ini pada sore atau malam nanti setelah magrhib," tegas Muzani.

Gerindra menggelar rapar pimpinan nasional (Rapimnas) di Sentul International Convention Center (SICC), Jumat-Sabtu, 12-13 Agustus 2022. Pada hari terakhir Rapimnas, Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mendeklarasikan koalisi bersama.

(cfd/kid)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER