6 Parpol Daftar Peserta Hari Ini, Total 21 Partai Berkas Lengkap

CNN Indonesia
Sabtu, 13 Agu 2022 00:45 WIB
KPU mengungkap dengan tambahan tiga partai sampai hari ini menjadikan total 21 partai memiliki berkas lengkap. Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi (kiri) menjabat tangan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (kanan) usai menyerahkan berkas pendaftaran sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8/2022). (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkap hari ini terdapat enam partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024.

Enam partai itu adalah Partai Buruh, Partai Republik, Partai Ummat, Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Indonesia Bangkit Bersatu, dan Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo).

"Dari enam parpol yang mendaftar hari ini, ada tiga parpol yang dokumennya dinyatakan lengkap dan ada tiga parpol yang belum lengkap," ujar Komisioner KPU Idham Kholik kepada wartawan, Jumat (12/8).

Sementara, dengan tambahan tiga partai sampai hari ini menjadikan total 21 partai memiliki berkas lengkap.

"Jadi dengan demikian sampai dengan hari ke-12 telah ada 29 parpol yang telah mendaftar. Sampai hari ini ada 21 parpol yang dokumennya lengkap," papar Idham.

Ia menyebut langkah selanjutnya untuk tiga partai yang dinyatakan lengkap berkas adalah verifikasi administrasi.

Sedangkan, terkait hari pendaftaran yang tersisa dua hari, Idham mengungkap terdapat delapan parpol telah mengkonfirmasi akan mendaftar di hari ke-13 dan 14.

"Jadi dengan demikian ada lima parpol lagi dari 42 parpol pemegang akun Sipol yang belum mengkonfirmasi rencana pendaftarannya," ungkapnya.

(cfd/isn)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER