Hadapi Krisis, Jokowi Ungkit Perang Ukraina-Rusia di Sidang MPR

CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 12:25 WIB
Di tengah hantaman krisis global akibat pandemi Covid dan perang Rusia-Ukraina, Jokowi bilang Indonesia bersyukur termasuk negara yang bisa pulih lebih cepat. Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (ANTARA FOTO/HO-Setpres-Agus Suparto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkit soal krisis global yang sedang terjadi saat ini dalam pidato di Sidang Tahunan MPR di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (16/8).

Selain dampak karena pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 silam, Jokowi pun menyinggung akibat yang dirasakan karena perang invasi Rusia ke Ukraina.

"Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit, tiba-tiba meletus perang di Ukraina sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi," kata Jokowi dalam pidatonya.

Dia menyebut 107 negara mengalami krisis. Bahkan, sambungnya, sebagian di antara negara-negara itu akan bangkrut.

Menurut Jokowi, 553 juta orang terancam kemiskinan ekstrem. Selain itu, 345 juta orang terancam kelaparan.

Oleh karena itu, Jokwoi meminta semua pihak untuk waspada terhadap ketidakpastian global. Namun, ia mengklaim Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang berhasil menghadapi ancaman krisis global ini.

"Kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menaruh perhatian khusus pada perang Ukraina dengan Rusia. Ia menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam misi perdamaian.

(dhf/kid)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER