Pesan Wapres dalam HUT RI ke-77: Rapatkan Persatuan

tim | CNN Indonesia
Rabu, 17 Agu 2022 09:31 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan dalam agar Indonesia mampu bangkit dari berbagai tantangan krisis. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan dalam agar Indonesia mampu bangkit dari berbagai tantangan krisis. (Setwapres).
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan dalam agar Indonesia mampu bangkit dari berbagai tantangan krisis. Pesan itu disampaikan dalam peringatan HUT RI ke-77.

"Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan, bersinergi dalam kerja nyata agar Indonesia tercinta segera pulih dari dampak krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat," ujar Ma'ruf Amin dalam video yang diunggah di YouTube, Rabu (17/8).

Ia mengatakan saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan krisis, mulai dari pandemi covid-19, krisis pangan dan energi, konflik internasional, hingga krisis iklim.

Ia juga mengatakan tantangan yang saat ini dihadapi berbeda dengan yang dialami para pahlawan saat merebut kemerdekaan.

Namun, perjuangan dan kegigihan rakyat Indonesia dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan disebut harus sama kuatnya dengan pahlawan kemerdekaan.

"Rekam sejarah bangsa Indonesia memberikan pelajaran bahwa bangsa kita adalah bangsa pejuang, semangat kebangkitan nasional yang melahirkan kemerdekaaan harus senantiasa menjadi jiwa seluruh bangsa indonesia dalam mengisi kemerdekaan," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan tantangan yang akan dihadapi rakyat Indonesia di masa mendatang adalah perubahan yang begitu cepat. Sebab itu, dibutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai modal terpenting untuk bisa mengelola perubahan sekaligus memenangkan persaingan global.

Dalam kesempatan yang sama, Ma'ruf juga menyampaikan bahwa Indonesia akan menularkan semangat untuk bangkit lebih cepat kepada bangsa lain melalui presidensi di G20.

"Melalui momentum presidensi G20, kita tularkan semangat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat pada bangsa-bangsa lain agar kemajuan di tingkat internasional, kawasan dan global dapat kita wujudkan," ujar Ma'ruf.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER