Jokowi ke IKN Nusantara Bulan Ini untuk Mulai Pembangunan Istana

CNN Indonesia
Rabu, 17 Agu 2022 16:36 WIB
Kasetpres mengatakan Presiden Jokowi akan ke IKN sebelum Agustus selesai untuk ground breaking istana negara yang baru. Presiden Joko Widodo duduk di depan tenda usai memimpin seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Setpres-Agus Suparto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) istana di lokasi yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia, Nusantara, di Sepaku, Kalimantan Timur, pada Agustus ini.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengonfirmasi hal itu. Namun, ia belum bisa memastikan waktu persis acara tersebut, hanya menyebut sebelum bulan ini berakhir.

"Jadi ke IKN sebelum Agustus selesai. [Ground breaking] Istana Negara," kata Heru di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8).

Heru mengaku pihaknya sejauh ini masih berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Dia berkata rencana final waktu ground breaking itu akan diumumkan segera.

Dia menyampaikan rencana kunjungan ke IKN Nusantara kemungkinan tak dilakukan pekan ini, karena Jokowi telah memiliki agenda di daerah lain.

"Besok ke Karawang. Akhir Agustus kunjungan ke daerah timur," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi mencanangkan pemindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara. Rencana itu telah direstui DPR melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Jokowi juga telah menunjuk seniman I Nyoman Nuarta untuk mendesain kompleks istana kepresidenan. Istana akan berbentuk burung garuda yang mengepakkan sayap di atas bukit.

(dhf/kid)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER