Anies Siapkan Hunian Kelas Menengah, Alaspadu dan Rumapadu

CNN Indonesia
Sabtu, 20 Agu 2022 02:15 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan hunian Alaspadu dan Rumapadu mengakomodir kebutuhan serta kemampuan kelas menengah berpenghasilan Rp7-20 juta per bulan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginisiasi pembangunan hunian terjangkau untuk kelas menengah bertajuk Alaspadu dan Rumapadu. (Tangkapan layar instagram @aniesbaswedan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginisiasi pembangunan hunian terjangkau untuk kelas menengah bertajuk Alaspadu dan Rumapadu.

Anies mengatakan hunian Alaspadu dan Rumapadu mengakomodir kebutuhan serta kemampuan kelas pekerja menengah berpenghasilan Rp7 sampai 20 juta per bulan.

"Kami menyiapkan hunian bagi yang berpenghasilan rendah, dan menengah, yang menengah ini disiapkan dengan pola-pola kolaborasi. Maka kami berharap usaha akan tumbuh berkembang. Kemudian mereka yang membutuhkan tempat akan terfasilitasi, dan kita saat ini sedang menawarkan paradigma baru hidup di kawasan Urban," kata Anies dalam keterangan tertulis, Jumat (19/8).

Alaspadu merupakan hunian sewa berkonsep co-living, sedangkan Rumapadu merupakan hunian kepemilikan (kelas apartemen). Dua hunian di kawasan berorientasi transit dengan jarak yang sangat dekat dengan stasiun MRT dan moda transportasi publik lainnya.

Anies menjelaskan pihak pengelola bangunan tidak kehilangan propertinya karena bangunan tersebut tidak dijual, melainkan dikelola bersama Pemprov DKI Jakarta.

"Oleh karena itu, saya mengundang kepada generasi baru Indonesia yang saat ini mulai meniti karir di Jakarta, yang mulai membangun masa depannya. Mari bangun masa depan dengan lifestyle baru, dengan pola mobilitas baru yaitu mengandalkan kendaraan umum, mengandalkan jalan kaki," katanya.

Anies telah menandatangani dua Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Hunian Terjangkau, antara Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda), Farchad Mahfud dan CEO PT Rukita Bhinneka, Sabrina Soewatdy, serta dengan Direktur Utama PT Cove Living Indonesia, Rizky Kusumo.

Saat ini, kerja sama tersebut telah menghasilkan 359 unit Alaspadu dengan rincian 106 unit siap huni dan 253 unit dalam tahap persiapan atau penjajakan kerja sama.

Hunian Alaspadu tersebar di sekitar tiga stasiun MRT Jakarta, yaitu Rukita Kudus Menteng (54 Unit) yang berjarak sekitar 550 meter dari Stasiun Dukuh Atas BNI, Rukita Jack House Melawai (25 Unit) yang berjarak 290 meter dari Stasiun Blok M BCA, dan COVE Sky Cipete (27 Unit) yang berjarak 700 meter dari Stasiun Cipete Raya.

Selain itu, ada 320 unit Rumapadu yang dalam tahap pembangunan dan berlokasi di One Bell Park Apartment, Fatmawati. Kawasan hunian ini berjarak sekitar 1,6 kilometer dari Stasiun Fatmawati.

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER